PERAN INTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS ATLET DI LINGKUNGAN ORGANISASI KONI JATENG

Denta Iswara Kiranasari Setiaji, Agus Naryoso

Abstract


KONI merupakan organisasi olahraga yang bertugas untuk membina dan mengkoordinasi atlet untuk mencapai prestasi di level Nasional dan Internasional. Kurang maksimalnya upaya KONI Jawa Tengah dalam menunjang kebutuhan atlet dapat mempengaruhi keloyalitas atlet dan berdampak penurunan prestasi pada kontingen Jawa Tengah. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran Internal PR dalam membantu menjembatani aspirasi atlet agar dapat tersampaikan kepada KONI Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan peran internal PR dalam mempertahankan loyalitas atlet di lingkungan organisasi KONI Jawa Tengah. Penelitian menggunakan teori keterbukaan diri, komunikasi organisasi kepemimpinan, harapan dan motivasi serta konflik. Metode ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian adalah PR KONI Jawa Tengah melakukan gathering dengan upaya membangun motivasi atlet dalam meningkatkan prestasi, PR KONI Jawa Tengah sebagai communication facilitator untuk menyampaikan aspirasi antara atlet dengan kepengurusan organisasi, serta PR KONI Jawa Tengah memberikan apresiasi dengan wujud mengekspos capaian prestasi atlet melalui media cetak dan media social.

Keywords


Public Relation, Peran Internal, Loyalitas, Atlet, KONI Jateng

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung