FENOMENA GAYA HIDUP SELEBGRAM (STUDI FENOMENOLOGI SELEBGRAM AWKARIN)

Silvi Mefita, Muchammad Yulianto

Abstract


Media sosial Instagram dijadikan sebagai media utama bagi khalayak sebagai sumber pemenuhan informasi. Pada Instagram, terdapat Selebgram Awkarin yang dianggap sebagai sosok yang sensasional. Konten yang terdapat pada media sosial Instagram Awkarin sering menimbulkan pro dan kontra diantara khalayak luas. Konten yang sering menjadi viral menciptakan fenomena pada kehidupan khalayak. Seperti pemberitaan fenomena gaya hidup selebgram Awkarin yang tersebar luas pada portal-portal berita dan media sosial yang berhasil menarik perhatian khalayak. Hal ini membuat khalayak menciptakan berbagai macam pemaknaan yang didasari latar belakang sosial, budaya dan pengalaman subjektif masing-masing khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pengalaman individu mengkonsumsi akun media sosial Instagram selebgram Awkarin. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan wawancara mendalam kepada 5 responden yang telah memenuhi kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima informan merupakan pengguna aktif media sosial Instagram dan mengetahui segala konten dan pemberitaan fenomena gaya hidup selebgram Awkarin.

Keywords


Studi Fenomenologi, Fenomena Gaya Hidup Selebgram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung