FENOMENA GAYA HIDUP SELEBGRAM (STUDI FENOMENOLOGI SELEBGRAM AWKARIN)

*Silvi Mefita  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Muchammad Yulianto  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 1 Oct 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 816 2371
Abstract
Media sosial Instagram dijadikan sebagai media utama bagi khalayak sebagai sumber pemenuhan informasi. Pada Instagram, terdapat Selebgram Awkarin yang dianggap sebagai sosok yang sensasional. Konten yang terdapat pada media sosial Instagram Awkarin sering menimbulkan pro dan kontra diantara khalayak luas. Konten yang sering menjadi viral menciptakan fenomena pada kehidupan khalayak. Seperti pemberitaan fenomena gaya hidup selebgram Awkarin yang tersebar luas pada portal-portal berita dan media sosial yang berhasil menarik perhatian khalayak. Hal ini membuat khalayak menciptakan berbagai macam pemaknaan yang didasari latar belakang sosial, budaya dan pengalaman subjektif masing-masing khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pengalaman individu mengkonsumsi akun media sosial Instagram selebgram Awkarin. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan wawancara mendalam kepada 5 responden yang telah memenuhi kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima informan merupakan pengguna aktif media sosial Instagram dan mengetahui segala konten dan pemberitaan fenomena gaya hidup selebgram Awkarin.
Keywords: Studi Fenomenologi, Fenomena Gaya Hidup Selebgram

Article Metrics: