PENGARUH INTENSITAS MENONTON STORY PROMOSI ENDORSEMENT TOKOPEDIA DI INSTAGRAM DAN TINGKAT POPULARITAS ENDORSER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI TOKOPEDIA

*Mia Maulyda  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 28 Sep 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 532 532
Abstract

Saat ini, semakin banyak e-commerce bermunculan. Salah satu e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Semakin banyak situs jual-beli yang ada, maka persaingan pun menjadi semakin ketat. Meskipun belanja iklan Tokopedia merupakan 3 besar belanja iklan terbanyak di antara e-commerce yang ada di Indonesia, Tokopedia belum dijadikan sebagai destinasi utama dalam berbelanja. Berdasakan survey pendahuluan yang dilakukan penulis kepada 133 responden, minat beli di Tokopedia pun masih terbilang rendah, yaitu sebesar 34,6%. Tokopedia kemudian melakukan kegiatan komunikasi untuk menarik minat beli konsumen dengan melakukan strategi endorsement kepada berbagai endorser dengan tingkat popularitas yang berbeda melalui Instagram Story. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh intensitas menonton story promosi endorsement Tokopedia di Instagram terhadap minat beli konsumen di Tokopedia dan untuk menjelaskan pengaruh tingkat popularitas endorser terhadap minat beli konsumen di Tokopedia.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif Instagram berusia 18-34 tahun di kota Semarang yang menonton story promosi endorsement Tokopedia oleh para endorser di Instagram. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 80 responden. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji variabel X1 terhadap Y dan regresi variabel dummy untuk menguji variabel X2 terhadap Y.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh intensitas menonton story promosi endorsement Tokopedia di Instagram (X1) terhadap minat beli konsumen di Tokopedia (Y). Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 (<0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,681. Artinya, semakin tinggi intensitas menonton story promosi endorsement Tokopedia di Instagram, maka semakin tinggi pula minat beli konsumen di Tokopedia. Selanjutnya, tingkat popularitas endorser (X2) berpengaruh terhadap minat beli konsumen di Tokopedia (Y) dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,418. Artinya, semakin tinggi tingkat popularitas endorser, maka semakin tinggi pula minat beli konsumen di Tokopedia. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat mengkaji lebih mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat beli seperti event yang diadakan Tokopedia.

Keywords: Endorsement, endorser, minat beli

Article Metrics: