KETERBUKAAN KOMUNIKASI DALAM RELASI ROMANTIK

Nurul Hikmah, Turnomo Rahardjo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya fenomena mengenai komunikasi dalam relasi romantik dengan menggunakan media Whatsapp. Dalam relasi romantik komunikasi dapat terjadi dengan lancar ketika melakukan komunikasi menggunakan media Whatsapp namun mengalami keterbatasan komunikasi ketika bertatap muka secara langsung. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami pengalaman komunikasi pasangan dalam relasi romantik dengan menggunakan media Whatsapp dan ketika tidak menggunakan media Whatsapp. Paradigma yang digunakan adalah intepretatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan Teori Media Baru, Teori Ekologi Media dan Teori Keterbukaan Diri.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pada informan pasangan I dan III lebih nyaman melakukan keterbukaan diri terhadap pasangan menggunakan media Whatsapp. Perasaan segan dan sungkan seringkali muncul ketika terjadi tatap muka secara langsung sehingga tidak dapat melakukan komunikasi dengan leluasa. Sedangkan, informan pasangan II dan IV lebih nyaman melakukan keterbukaan diri terhadap pasangan secara langsung dengan tatap muka. Dengan tatap muka secara lansung akan mengurangi ketidaksesuaian makna dan bahasa tubuh memperjelas suatu ucapan. Ketika terjadi tatap muka secara langsung, pasangan I dan III lebih banyak melakukan aktivitas bersama. Komunikasi nonverbal berupa tindakan dan sikap terjadi ketika komunikasi tatap muka dan keinginan disampaikan melalui media Whatsapp. Sedangkan pada pasangan II dan IV lebih banyak melakukan obrolan bersama ketika terjadi tatap muka secara langsung. Pasangan II dan IV juga dapat melakukan pengungkapan diri ketika berkomunikasi tatap muka.
Penelitian ini dapat digunakan sebagai penelitian selanjutnya dengan menggunakan pendekatan studi kasus karena relasi romantik merupakan tema yang menarik untuk dibahas dimana terdapat suatu pengalaman yang unik didalamnya. Teori Penetrasi Sosial dapat digunakan untuk melihat bagaimana caranya hubungan antarpibadi dapat dibangun dengan menggunakan media instant messaging atau media sosial teknologi berbasis internet.


Keywords


Relasi Romantik, Keterbukaan Diri, Whatsapp

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung