PERILAKU HUMBLEBRAG SEBAGAI PENYAJIAN DIRI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI SEMIOTIKA PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)

Ajeng Gendari Sayang, Turnomo Rahardjo

Abstract


Instagram adalah media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi termasuk juga menyediakan kesempatan baru untuk penyajian diri. Humblebrag merupakan strategi yang dilakukan seseorang untuk menyajikan dirinya di media sosial. Gaya online performance tersebut mendorong munculnya micro-celebrity di media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana humblebrag dilakukan oleh micro-celebrity pada akun media sosial Instagram dalam pemilihan, pengombinasian, penggunaan tandatanda tertentu, sehingga mempunyai makna dan menggambarkan citra diri. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dan teori yang digunakan adalah Perencanaan. Hasil dari pemaknaan menunjukkan terdapat beberapa bentuk humblebrag yang dilakukan sebagai strategi penyajian diri lewat konten foto dan teks yang diunggah oleh akun media sosial Instagram micro-celebrity.

Keywords


humblebrag, micro-celebrity, penyajian diri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung