PERILAKU HUMBLEBRAG SEBAGAI PENYAJIAN DIRI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI SEMIOTIKA PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)

*Ajeng Gendari Sayang  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Turnomo Rahardjo  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 7 Sep 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 277 603
Abstract
Instagram adalah media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi termasuk juga menyediakan kesempatan baru untuk penyajian diri. Humblebrag merupakan strategi yang dilakukan seseorang untuk menyajikan dirinya di media sosial. Gaya online performance tersebut mendorong munculnya micro-celebrity di media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana humblebrag dilakukan oleh micro-celebrity pada akun media sosial Instagram dalam pemilihan, pengombinasian, penggunaan tandatanda tertentu, sehingga mempunyai makna dan menggambarkan citra diri. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dan teori yang digunakan adalah Perencanaan. Hasil dari pemaknaan menunjukkan terdapat beberapa bentuk humblebrag yang dilakukan sebagai strategi penyajian diri lewat konten foto dan teks yang diunggah oleh akun media sosial Instagram micro-celebrity.
Keywords: humblebrag, micro-celebrity, penyajian diri

Article Metrics: