Pengaruh Terpaan Berita Kasus SARA dalam Materi Stand Up Comedy di Media Online dan Persepsi Individu Tentang Kasus SARA Terhadap Citra Komika Stand Up Comedy Indonesia.

*Trie Astuti Adharyani  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Muchammad Yulianto  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 27 Aug 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 119 156
Abstract
Belum lama ini dunia hiburan di Indonesia yang sangat populer yaitu Stand Up Comedy sedang dilanda kasus. Bermula dari kemunculan beberapa komika stand up comedy terlibat kasus akibat menggunakan isu SARA pada saat membawakan materi dalam penampilan Stand Up Comedy. Kasus ini langsung menjadi sorotan publik terutama media. Hal ini tentunya menambah daftar nama komedian Stand Up Comedy yang dilaporkan atas dugaan isu SARA. Maraknya pemberitaan negatif yang selama ini muncul di media dikahwatirkan akan berdampak buruk kepada citra para komedian stand up comedy di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara terpaan berita kasus SARA dalam materi Stand Up Comedy di media online dan Persepsi Individu tentang kasus SARA terhadap Citra Komika Stand Up Comedy Indonesia. Teori yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Efek Tidak Terbatas dan Teori Penilaian Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang akan menjelaskan mengenai sebab dan akibat antar variabel. Sampel dari penelitian ini adalah pria dan wanita berusia 16-35 tahun, aktif mengakses berita dan mengetahui seputar kasus dugaan SARA dalam materi Stand Up Comedy di media Online. Jumlah responden yaitu 50 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa Terpaan Berita Kasus SARA dalam materi Stand Up Comedy di media Online berpengaruh positif signifikan terhadap Citra Komika Stand Up Comedy Indonesia dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,266 dan signifikansi (0,000<0,050). Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa Persepsi individu mengenai kasus SARA berpengaruh signifikan terhadap Citra komika Stand Up Comedy Indonesia dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,499 dan signifikansi (0,000<0,050). Menunjukkan bahwa hipotesis terbukti.
Keywords: Terpaan Berita, Persepsi, Citra komika Stand Up Comedy

Article Metrics: