skip to main content

Hubungan Antara Terpaan Promosi Aplikasi My Blue Bird dan Citra Merek dengan Minat Konsumen untuk Menggunakan My Blue Bird sebagai Sarana Transportasi

*Fatia Maharani  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Turnomo Rahardjo  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini menjadikan munculnya berbagai bentuk usaha yang semakin lama semakin berubah. Salah satunya ialah industri jasa transportasi yang semakin tahun semakin berkembang. PT. Blue Bird Tbk. menghadirkan My Blue Bird sebagai bentuk layanan jasa transportasi online yang di dalamnya juga sudah menggunakan sistem moderen berupa pembayaran transaksi non tunai serta beberapa fitur yang mendukung dalam pemesanan easy ride. Guna memaksimalkan penggunaan jasa layanan transportasi online, My Blue Bird menggunakan strategi komunikasi pemasaran salah satunya dengan melakukan promosi penjualan berupa diskon di berbagai merchant yang dilaksanakan untuk meningkatkan frekuensi penggunaan My Blue Bird. Selain promosi, citra merek yang dipersepsikan oleh konsumen juga dapat mempengaruhi perilaku minat konsumen terhadap produk perusahaan khususnya jasa transportasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari laporan keuangan Blue Bird ditemukan adanya penurunan pendapatan di tahun 2016 yang menjadikan Blue Bird harus mecari solusi agar bisa bertahan di industri transportasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positive antara terpaan promosi aplikasi My Blue Bird dan citra merek dengan minat konsumen untuk menggunakan My Blue Bird sebagai sarana transportasi. Teori yang digunakan adalah Teori Advertising Exposure dan Teori Cognitive Response. Populasi penelitian adalah warga di Semarang yang berusia 17-30 tahun yang telah terterpa promosi aplikasi My Blue Bird. Sedangkan sampel penelitian yang diambil yaitu sebanyak 50 konsumen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis korelasi Kendall’s Tau-b, menunjukkan hasil bahwa: Pertama, terdapat hubungan positive antara terpaan promosi aplikasi My Blue Bird dengan minat konsumen untuk menggunakan My Blue Bird sebagai sarana transportasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,530. Hal ini menunjukkan keeratan hubungan yang kuat, dengan arah hubungan yang positif. Semakin tinggi terpaan promosi penjualan, maka semakin tinggi minat penggunakan produk My Blue Bird oleh konsumen. Kedua, terdapat hubungan positive antara citra merek dengan minat konsumen untuk menggunakan My Blue Bird sebagai sarana transportasi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,620. Hal ini menunjukkan keeratan hubungan yang kuat, dengan arah hubungan yang positif. Semakin tinggi citra merek My Blue Bird, maka semakin tinggi minat untuk menggunakan produk My Blue Bird oleh konsumen, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak Blue Bird untuk lebih memperhatikan publikasi media lini komunikasi (baliho, twitter, facebook, youtube & instagram) yang digunakan dalam memberikan informasi. Selain itu disarankan juga untuk memberikan keterlibatan konsumen dalam kegiatan strategi promosi berbentuk creative campaign dan edukasi mengenai keamanan dan keselamatan berkendara serta mempertimbangkan harga sebagai faktor penting, agar citra My Blue Bird semakin baik dan konsumen menjadi tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut.
Fulltext View|Download
Keywords: Terpaan Promosi Penjualan, Citra Merek, Minat Konsumen, My Blue Bird

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.