KOMPETENSI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN STAKEHOLDER

Fajrina Aulia Arumdhani, Agus Naryoso

Abstract


Pertamina MOR IV memiliki divisi Communication & CSR dengan salah satu tugas yang dijalankan yaitu pengelolaan hubungan dengan stakeholder baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi komunikasi yang dimiliki public relations Pertamina MOR IV dalam menjalin hubungan dengan stakeholder. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teori kompetensi komunikasi dari Spitzberg & Cupach dan teori kompetensi interpersonal. Public relations Pertamina MOR IV memiliki kompetensi komunikasi yang terdiri dari motivasi, pengetahuan dan keterampilan yang berada pada tahap conscious competence, dimana praktisi public relations telah memahami karakteristik stakeholder. Kompetensi interpersonal unit manager berada pada level atas yaitu mampu untuk berkomunikasi secara diplomasi dan memperlakukan stakeholder secara hormat. Staf public relations berada pada level menengah yaitu mampu untuk membangun hubungan dengan stakeholder secara konstruktif berdasarkan bidangnya.

Keywords


kompetensi komunikasi, kompetensi interpersonal, stakeholder, Pertamina MOR IV

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung