HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PESTA BLANJA POIN TELKOMSEL DAN TINGKAT KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP MINAT MENGIKUTI PROGRAM PESTA BLANJA POIN TELKOMSEL

Raden Mas Muhammad Ridha Prasetya, Wiwid Noor Rakhmad

Abstract


Telkomsel telah menyelenggarakan iklan pesta blanja poin Telkomsel dengan target 40% konsumen mengikuti program tersebut. Namun kenyataannya hanya 15% konsumen yang mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan terpaan iklan pesta blanja poin Telkomsel dan tingkat keterlibatan konsumen terhadap minat untuk mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Advertising Exposure Theory dan Teori rantai arti akhir. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif (eksplanatori) dengan metode survey. Metode yang digunakan untuk mengambil sampel adalah non random sampling dengan tehknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 orang dengan kriteria pengguna kartu perdana Telkomsel di kota Semarang yang pernah terpapar iklan Pesta Blanja Poin Telkomsel minimal satu kali dalam satu minggu terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan keeratan rendah antara terpaan iklan pesta blanja poin Telkomsel dan minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel berdasarkan hasil uji Kendall Tau-b yang menyatakan nilai signifikansi 0,004 dan nilai korelasi sebesar 0,313. Artinya semakin tinggi terpaan iklan pesta blanja poin Telkomsel maka semakin tinggi minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel namun keeratannya lemah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan keeratan sedang antara tingkat keterlibatan konsumen dan minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel berdasarkan hasil uji Kendall Tau-b yang menyatakan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,474. Artinya semakin tinggi tingkat keterlibatan konsumen maka semakin tinggi minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel namun dengan tingkat keeratan sedang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor terpaan iklan dan tingkat keterlibatan konsumen berpengaruh terhadap minat. Namun terpaan iklan memiliki keeratan lemah sedangkan tingkat keterlibatan memiliki keeratan sedang terhadap minat. Untuk itu peneliti menyarankan agar Telkomsel mencari faktor lain yang memiliki keeratan kuat bahkan sangat kuat dalam mempengaruhi minat.

Keywords


terpaan iklan, keterlibatan konsumen, minat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung