HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PESTA BLANJA POIN TELKOMSEL DAN TINGKAT KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP MINAT MENGIKUTI PROGRAM PESTA BLANJA POIN TELKOMSEL

*Raden Mas Muhammad Ridha Prasetya  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Wiwid Noor Rakhmad  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 28 Jun 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 64 74
Abstract
Telkomsel telah menyelenggarakan iklan pesta blanja poin Telkomsel dengan target 40% konsumen mengikuti program tersebut. Namun kenyataannya hanya 15% konsumen yang mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan terpaan iklan pesta blanja poin Telkomsel dan tingkat keterlibatan konsumen terhadap minat untuk mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Advertising Exposure Theory dan Teori rantai arti akhir. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif (eksplanatori) dengan metode survey. Metode yang digunakan untuk mengambil sampel adalah non random sampling dengan tehknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 orang dengan kriteria pengguna kartu perdana Telkomsel di kota Semarang yang pernah terpapar iklan Pesta Blanja Poin Telkomsel minimal satu kali dalam satu minggu terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan keeratan rendah antara terpaan iklan pesta blanja poin Telkomsel dan minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel berdasarkan hasil uji Kendall Tau-b yang menyatakan nilai signifikansi 0,004 dan nilai korelasi sebesar 0,313. Artinya semakin tinggi terpaan iklan pesta blanja poin Telkomsel maka semakin tinggi minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel namun keeratannya lemah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan keeratan sedang antara tingkat keterlibatan konsumen dan minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel berdasarkan hasil uji Kendall Tau-b yang menyatakan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,474. Artinya semakin tinggi tingkat keterlibatan konsumen maka semakin tinggi minat mengikuti program pesta blanja poin Telkomsel namun dengan tingkat keeratan sedang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor terpaan iklan dan tingkat keterlibatan konsumen berpengaruh terhadap minat. Namun terpaan iklan memiliki keeratan lemah sedangkan tingkat keterlibatan memiliki keeratan sedang terhadap minat. Untuk itu peneliti menyarankan agar Telkomsel mencari faktor lain yang memiliki keeratan kuat bahkan sangat kuat dalam mempengaruhi minat.
Keywords: terpaan iklan, keterlibatan konsumen, minat

Article Metrics: