SIKAP KOMPAS.COM TERHADAP PEMBERITAAN MEIKARTA

*Devy Widya Cahyani  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Wiwid Noor Rakhmad  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 28 Jun 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 65 107
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Sikap Kompas.com terhadap proyek Meikarta milik Lippo Group. Tipe penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis framing yang dikembangkan oleh Robert N Entman. Teori yang digunakan adalah Teori Konstrusi Sosial Peter L.Berger dan Thomas Luckmann untuk menjelaskan bagaimana media massa mengkonstruksi realitas yang diaplikasikan ke dalam konteks media massa yang disebut dengan Teori Konstruksi Sosial Media Massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com melakukan keberpihakan kepada Meikarta. Pemberitaan proyek Meikarta dalam Kompas.com secara tegas membingkai bahwa proyek milik Lippo Group tersebut tidak melanggar aturan maupun melakukan kesalahan dengan melakukan pemasaran, promosi besar-besaran, meskipun belum memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Secara jelas, Kompas.com mendukung apa yang dilakukan oleh pihak Meikarta dengan menyajikan 99% pemberitaan positif mengenai Meikarta untuk publik.
Keywords: Framing, Kompas.com, Meikarta, konstruksi realitas

Article Metrics: