Peran Koordinator Media Sosial dalam Pengelolaan Kanal Event di Website Phinemo.com

*Vania Malinda  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
S. Rouli Manalu  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 22 Mar 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 38 51
Abstract
Selain wisata alamnya yang tersohor, Indonesia sebenarnya mempunyai beragam jenis destinasi wisata lain yang dapat berpotensi menjadi destinasi wisata populer, contohnya event wisata. Potensi event wisata di Indonesia sangat besar, dimana Indonesia sendiri merupakan negara yang penuh dengan keberagaman. Sayangnya event wisata ini belum banyak diliput dan dipublikasikan oleh media online maupun platform pendukungnya seperti media sosial, sehingga jenis wisata ini tidak sepopuler wisata konvensional lain. Berdasarkan hal tersebut, Tim karya bidang melakukan kerjasama dengan Phinemo.com, sebuah media online yang membahas seputar traveling untuk membuat dan mengelola sebuah kanal bertema Event yang akan menyediakan informasi dan berita mengenai event-event pariwisata. Berita-bertita tersebut dikemas menjadi jenis berita feature. Menggunakan bahasa yang lugas dan santai, berita mengenai event wisata tersebut dibahas melalui berbagai sudut pandang. Usaha ini juga didukung dengan penggunaan media sosial agar dapat menjangkau lebih banyak orang untuk mengenal event wisata di Indonesia. Hasil yang didapatkan dari karya bidang ini ialah semakin terbukanya informasi mengenai event wisata di kalangan masyarakat. Serta menyadarkan para jurnalis akan pentingnya berfikir kreatif agar terus menghasilkan produk-produk jurnalistik yang bermanfaat bagi khalayak.
Keywords: Event wisata, berita, media sosial

Article Metrics: