skip to main content

Hubungan Persepsi Konsumen tentang Kehalalan Produk Samyang dan Terpaan Persuasi Reference Group terhadap Minat Beli Produk Samyang

*Petrus Teguh Kurniawan  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Wiwid Noor Rakhmad  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP

Citation Format:
Abstract
Berawal dari pemberitaan bahwa terdapat varian produk Samyang yang dinyatakan tidak halal oleh BPOM, membuat peneliti tertarik untuk mengkaji hubungan persepsi konsumen tentang kehalalan produk Samyang (X1) dan terpaan persuasi reference group (X2) terhadap minat beli produk Samyang (Y). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif kuantitatif. Teknik penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah responden 50 orang. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan uji analisis korelasi Kendall dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS). Temuan penelitian menunjukkan 42% responden memiliki persepsi yang sangat baik, dan 34% memiliki persepsi yang cukup baik tentang kehalalan produk Samyang. Artinya konsumen masih beranggapan bahwa Samyang adalah produk yang halal. Kemudian 48% responden mendapat terpaan persuasi reference group pada kategori yang cukup tinggi, dan 10% responden mendapat terpaan persuasi reference group pada kategori yang sangat tinggi. Ini menunjukan kecenderungan konsumen untuk menjadikan reference group nya sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dipercaya. Selanjutnya 30% responden memiliki minat beli yang cukup tinggi terhadap produk Samyang, dan 26% responden memiliki minat beli yang sangat tinggi terhadap produk Samyang. Meski telah diisukan tidak halal, namun ternyata Samyang masih menjadi produk yang diminati oleh konsumennya. Melalui hasil uji hipotesis, variabel X1 memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi yang kuat terhadap variabel Y. Kemudian variabel X2 juga memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi yang kuat terhadap variabel Y. Kesimpulan yang didapat antara lain hubungan positif antara persepsi konsumen tentang kehalalan produk Samyang terhadap minat beli produk Samyang menjadi indikasi bahwa semakin baik persepsi konsumen maka minat belinya akan semakin tinggi. Hal yang sama berlaku pada variabel terpaan persuasi reference group terhadap minat beli produk Samyang. Semakin tinggi terpaan persuasi reference group maka minat belinya juga akan semakin tinggi
Fulltext View|Download
Keywords: Persepsi Konsumen, Kelompok Rujukan, Samyang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.