PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PENYELESAIAN KONFLIK DALAM HUBUNGAN BERPACARAN

Tyas Mustiking Prameswari, Dr. Dra. Sri Budi Lestari, SU

Abstract


Pengambilan keputusan untuk tetap mempertahankan hubungan pasca terjadinya konflik pada hubungan berpacaran merupakan tindakan yang paling penting dalam kelangsungan sebuah intimate relationship. Menyelesaikan sebuah konflik secara konstruktif dan menawarkan beberapa alternatif menjadi salah satu cara yang ditempuh agar mendapatkan hasil terbaik demi masa depan sebuah hubungan. Konsekuensi yang diterima dan bagaimana cara menjalani sebuah keputusan yang telah dibuat juga menjadi penentu sebuah hubungan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pasangan berpacaran mengenai pengambilan keputusan para pasangan berpacaran setelah berkonflik dan konsekuensi yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma interpretif, dan teknik analisa data yang digunakan megacu pada metode fenomenologi. Subjek penelitian adalah dua pasang informan yang telah membina hubungan berpacaran minimal satu tahun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Segitiga Cinta (The Triangular of Love Theory), dan Managing Conflict Contructively Theory. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa setiap pasangan yang memutuskan tetap bersama pasca terjadinya konflik dalam sebuah hubungan ini memiliki konsekuensi yang beragam sesuai dengan konflik yang dialami, seperti bertoleransi atas kekurangan satu sama lain, mencoba membenahi diri menjadi lebih baik, hingga menjalani hubungan dengan cara backstreet. Dari hasil temuan penelitian diungkapkan bahwa konflik yang dialami informan tidak hanya berasal dari dalam diri pasangan itu sendiri (faktor eksternal) melainkan juga dari pihak-pihak yang berada di sekitar pasangan, seperti teman dan keluarga (faktor eksternal).

Keywords


Pengambilan keputusan, manajemen konflik, hubungan berpacaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung