KOMUNIKASI INTERPERSONAL LINTAS GENERASI UNTUK MENGHADAPI STRES AKADEMIK PADA ANAK

*Alif Ardhi Wijaya  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Agus Naryoso, S.Sos, M.Si  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 6 Mar 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 554 404
Abstract
Perbedaan genesai pada orang tua X, Y dengan anak di generasi Z dapat menimbulkan perbedaan dan kesalahpahaman dalam memandang pendidikan di antara keduanya, hal ini yang menjadi tekanan tersendiri bagi anak di generasi Z.. Tekanan tersebut tidak dapat ditampung oleh anak pada generasi Z dan berdapak pada stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal dalam menghadapi stres akademik pada anak di generasi Z, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, paradigma Interpretif dan teknik analisis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang berada di Kota Semarang dengan anak dengan usia 6-11 tahun dan masih menempuh pendidikan sekolah dasar kelas 3-6. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menangani stres pada anak di generasi Z, orang tua dapat melibatkan anak dalam diskusi dan dipersilahkan untuk.memilih apa yang ia senangi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan prestasi belajar anak adalah dengan membangun komunikasi interpersonal secara tatap muka dan meningkatkan jarak intim dengan anak. Upaya tersebut dilakukan agar orang tua lebih mengetahui kondisi emosi anak serta menciptakan keterbukaan siantara keduanya sehingga mudah terjadi diskusi dari kesalahpahaman dan perbedaan pendapat.
Keywords: Stres akademik, Generasi Z, Komunikasi Interpersonal, Pengungkapan Diri, Kecerdasan Emosional.

Article Metrics: