STUDI FENOMENOLOGI MEDIA SOSIAL BIGO LIVE

*Ayu Sarah Shabrina  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 9 Feb 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 269 147
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi komunikasi saat ini, telah memberikan kita banyak kemudahan untuk berkomunikasi dengan satu orang maupun banyak orang sekaligus. Seperti dalam media sosial Bigo Live, sebuah media sosial baru dimana dapat melakukan siaran video secara live melalui ponsel dan penyiar dapat berinteraksi secara langsung dengan penontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mempelajari fenomena Bigo Live. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologis. Dalam pengumpulan data dilakukan indept interview dengan lima orang informan yang berasal dari Kota Semarang. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa orang-orang menggunakan Bigo Live karena mempunyai suatu tujuan tersendiri seperti mengisi waktu luang, menambah teman, hingga mempromosikan jualannya. Dan seiring berjalannya waktu, mereka juga ingin mengumpulkan hadiah dari para penontonnya. Namun para informan belum menukarkan beans milik mereka kedalam bentuk uang karena merasa hal tersebut sangat berat, hingga lebih memilih untuk menukarkan kembali dalam bentuk diamonds. Aktivitas yang mereka lakukan pun juga cukup beragam untuk dapat menarik perhatian penonton. Bahkan dari menggunakan Bigo, kita juga bisa mendapatkan sesuatu yang menguntungkan seperti penghasilan, teman serta pasangan. Kendala banned yang mereka hadapi terjadi karena mereka menyuguhkan konten siaran yang bertentangan dengan peraturan yang dibuat oleh Bigo Live.
Keywords: Media Sosial, Fenomenologi, Bigo Live

Article Metrics: