Divisi PR Dalam Event Gerrymagination

Yonasita Rizqi Amalia

Abstract


Beberapa perusahaan yang menggunakan event sebagai alat komunikasi pemasaran saat ini. Pemanfaatan event yang digunakan sebagai alat promosi produk sebuah perusahaan ini dinilai lebih efektif dibanding harus membelanjakan uang untuk beriklan di media massa. Keunggulan event sendiri dibanding dengan alat komunikasi pemasaran yang lain adalah keterlibatan target audiens secara langsung yang mana menjadi alat yang ampuh bagi perusahaan untuk memperkenalkan brand nya lebih dekat kepada target audiens. Disamping itu, dapat menjangkau target audiens pada segmen yang tepat.

PT Garuda Food memiliki produk Gery Pasta dan Gery Meses. Produk Gery Pasta dan Gery Meses memiliki masalah terhadap awareness dikalangan target audiens yang mana target audiens utamanya adalah anak-anak berusia 6-12 tahun. Maka dari itu, PT Garuda Food mengadakan event guna meningkatkan awareness di kalangan target audiens. Event tersebut adalah event Gerymagination yang dilaksanakan di wilayah Tembalang dan Banyumanik dan diikuti oleh 10 SD serentak. Wilayah tersebut dipilih karena kurangnya awareness target audiens terhadap produk Gery Pasta dan Gery Meses. Event Gerymagination dirancang untuk mengasah kreativitas dan imaginasi anak melalui kegiatan lomba mewarnai dan menggambar terpanjang, lomba fotogenik, games, dan penampilan ekstrakurikuler. Pemilihan kegiatan-kegiatan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan pada target audiens.

Secara umum, tugas divisi Marketing dan PR adalah merancang promosi event untuk dipromosikan melalui media-media yang tepat sehingga informasi mengenai event dapat sampai pada target audiens. Media-media yang digunakan berupa media lini atas dan media lini bawah. Media lini atas seperti media cetak, media elektronik, dan interaktif media. Media lini bawah seperti gimmik dan kaos. Indikator keberhasilan divisi marketing dan PR apabila event Gerymagination dimuat disalah satu media massa. Event Gerymagination berhasil dimuat di media massa elektronik dan interaktif media.

Pelaksanaan event secara keseluruhan dapat berjalan sukses dan lancar. Tingkat awareness pada produk Gery Pasta meningkat menjadi 86,67%  serta Gery Meses meningkat menjadi 81,67%. Indikator keberhasilan event Gerymagination secara keseluruhan yaitu tingkat kepuasan, jumlah peserta di masing-masing sekolah dasar, serta tingkat awareness dikalangan target audiens.Tingkat kepuasan diukur dari tingkat kepuasan klien Garuda Food, pihak sekolah (guru serta target audiens), talent (MC, Panitia, serta Fotografer). Tingkat awareness dilihat dari hasil kuesioner pra event dan pasca event yang dibagikan pada target audiens.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung