Divisi Manager Dalam Event Gerrymagination

Mega Luvna

Abstract


Pemanfaatan event sebagai salah satu strategi dalam pemasaran yang digunakan oleh beberapa perusahaan pada saat ini yang dinilai lebih efektif, dibandingkan dengan beriklan pada media massa. Keunggulannya dibandingkan dengan alat pemasaran yang lain adalah dapat membuat perusahaan atau produknya menjadi lebih dikenal dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Selain itu event juga dapat menjangkau khalayak yang lebih besar atau segmen sasaran yang lebih tepat dan dapat menghubungkan produk-produknya ke pengalaman konsumen itu sendiri.
Gery Pasta dan Gery Meses merupakan produk dari PT Garuda Food, yang memiliki masalah awareness yang kurang dikalangan target audience yaitu anak-anak yang berusia 6-12 tahun. Oleh karena itu, PT Garuda Food mengadakan event guna meningkatkan awareness di kalangan target audience. Dalam event Gerymagination, target audience berada dalam wilayah Tembalang dan Banyumanik, dimana wilayah tersebut, awareness target audience lemah terhadap produk Gery Pasta dan Gery Meses. Event tersebut bertema kreativitas dan imajinasi target audience yang terdiri dari lomba menggambar dan mewarnai terpanjang, lomba fotogenik, games, serta penampilan ekstrakulikuler. Pemilihan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan pada target audience. Pelaksanaan event tersebut diikuti oleh 10 Sekolah Dasar yang dilakukan secara serentak
Secara umum tugas Sponsorship Manager adalah melakukan pencarian dana, melakukan kerjasama dengan sponsorship, serta membuat LPJ yang ditujukan kepada klien. Indikator keberhasilan dalam divisi sponsorship yakni tercapainya keinginan klien, yaitu jumlah peserta yang mengikuti event Gerymagination secara keseluruhan yaitu 1500 peserta, kepuasan dari pihak klien yakni Garuda Food, serta ketersediaan jumlah paket produk di tiap-tiap sekolah dasar.
Indikator keberhasilan event Gerymagination secara keseluruhan yaitu tingkat kepuasan, jumlah peserta di masing-masing sekolah dasar, serta tingkat awareness dikalangan target audience.Tingkat kepuasan diukur dari tingkat kepuasan klien Garuda Food, pihak sekolah (guru serta target audience), talent (MC, Panitia, serta Fotografer). Tingkat awareness dilihat dari hasil kuesioner pra event dan pasca event yang dibagikan pada target audience.
Pelaksanaan event secara keseluruhan dapat berjalan sukses dan lancar. Tingkat awareness pada produk Gery Pasta meningkat menjadi 86,67% serta Gery Meses meningkat menjadi 81,67%.
Kata Kunci : event, awareness, sponsorship

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung