skip to main content

OUTCOMES DARI HUBUNGAN JANGKA PANJANG ANTARA HUMAS UNIVERSITAS DAN MEDIA DI SEMARANG


Citation Format:
Abstract
Humas universitas telah melakukan evaluasi kesuksesan dan kegagalan mereka
berdasarkan pada outputs seperti jumlah siaran pers yang dibuat, jumlah berita
yang dimuat di media, panjang kolom yang dipublikasikan sebagai cerita. Belum
pernah dilakukan sebelumnya penelitian tentang outcomes, walaupun penting
untuk tetap mempertahankan pengukuran outputs, lebih penting untuk mengukur
outcomes dan kualitas hubungan organisasi dan publik kuncinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur outcomes hubungan jangka
panjang humas universitas dan media di Semarang.
Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan
menggunakan pendekatan komunikasi antar pribadi yang diuraikan dalam 4
variabel yakni kepercayaan, komitmen, kendali bersama dan kepuasan. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian kuantitatif dilakukan pada seluruh populasi media di Semarang.
Penelitian kualitatif dilakukan pada enam humas universitas yakni Undip, Unnes,
Unika, Unissula, Udinus dan USM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa humas universitas negeri
memperoleh persepsi media yang lebih baik daripada humas universitas swasta.
Persepsi media tentang kepercayaan, komitmen, kendali bersama dan kepuasaan
adalah berdasarkan perilaku humas universitas dalam melakukan kegiatan media
relations. Perbedaan persepsi ditemukan antara persespsi humas universitas dan
media. Perbedaan ini menyangkut persepsi tentang bagaimana humas universitas
memposisikan peran dan apa yang telah mereka lakukan dalam media relations
dan bagaimana persepsi media tentang hal tersebut. Perbedaan ini menemukan ada
beberapa humas universitas yang menilai mereka telah berperan dan melakukan
tugasnya dalam media relations dengan baik, namun media mempersepsikan
buruk. Sebaliknya, ada beberapa humas universitas yang menilai mereka belum
berperan dan melakukan tugasnya dalam media relations dengan baik, namun
media mempersepsikan mereka telah melakukan dengan baik
Disarankan humas universitas menggunakan pengukuran outcomes dalam
evaluasi kegiatan humas mereka. Humas universitas negeri diminta untuk
mempertahankan kuantitatas dan kualitas persepsi media. Humas universitas
swasta diminta untuk menambah jumlah publik media untuk kegiatan media
relations dan merubah persepsi mereka tentang manajemen media relations yang
ideal.
Key Words: hubungan masyarakat, media relations, mixed methodology,
outcomes.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.