BibTex Citation Data :
@article{IO1514, author = {Malta Doa}, title = {OUTCOMES DARI HUBUNGAN JANGKA PANJANG ANTARA HUMAS UNIVERSITAS DAN MEDIA DI SEMARANG}, journal = {Interaksi Online}, volume = {1}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {}, abstract = {Humas universitas telah melakukan evaluasi kesuksesan dan kegagalan mereka berdasarkan pada outputs seperti jumlah siaran pers yang dibuat, jumlah berita yang dimuat di media, panjang kolom yang dipublikasikan sebagai cerita. Belum pernah dilakukan sebelumnya penelitian tentang outcomes, walaupun penting untuk tetap mempertahankan pengukuran outputs, lebih penting untuk mengukur outcomes dan kualitas hubungan organisasi dan publik kuncinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur outcomes hubungan jangka panjang humas universitas dan media di Semarang. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan komunikasi antar pribadi yang diuraikan dalam 4 variabel yakni kepercayaan, komitmen, kendali bersama dan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan pada seluruh populasi media di Semarang. Penelitian kualitatif dilakukan pada enam humas universitas yakni Undip, Unnes, Unika, Unissula, Udinus dan USM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa humas universitas negeri memperoleh persepsi media yang lebih baik daripada humas universitas swasta. Persepsi media tentang kepercayaan, komitmen, kendali bersama dan kepuasaan adalah berdasarkan perilaku humas universitas dalam melakukan kegiatan media relations. Perbedaan persepsi ditemukan antara persespsi humas universitas dan media. Perbedaan ini menyangkut persepsi tentang bagaimana humas universitas memposisikan peran dan apa yang telah mereka lakukan dalam media relations dan bagaimana persepsi media tentang hal tersebut. Perbedaan ini menemukan ada beberapa humas universitas yang menilai mereka telah berperan dan melakukan tugasnya dalam media relations dengan baik, namun media mempersepsikan buruk. Sebaliknya, ada beberapa humas universitas yang menilai mereka belum berperan dan melakukan tugasnya dalam media relations dengan baik, namun media mempersepsikan mereka telah melakukan dengan baik Disarankan humas universitas menggunakan pengukuran outcomes dalam evaluasi kegiatan humas mereka. Humas universitas negeri diminta untuk mempertahankan kuantitatas dan kualitas persepsi media. Humas universitas swasta diminta untuk menambah jumlah publik media untuk kegiatan media relations dan merubah persepsi mereka tentang manajemen media relations yang ideal. Key Words: hubungan masyarakat, media relations, mixed methodology, outcomes.}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/1514} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.