Memahami Pengalaman Komunikasi Suporter Perempuan Jak Angel Dalam Usaha Menegaskan Eksistensi Di Dunia Sepakbola

Emily Nurulhuda

Abstract


Partisipasi perempuan dalam sepakbola masih menuai kontroversi dengan adanya sejumlah pengalaman komunikasi buruk yang dialami oleh sejumlah suporter perempuan melalui berbagai bentuk diskriminasi dan pandangan negatif dari masyarakat. Jak Angel sebagai bagian dari suporter perempuan tentunya tidak terlepas dari proses interaksi dengan masyarakat yang pada akhirnya berpengaruh terhadap pengalaman komunikasi mereka dengan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengalaman komunikasi suporter perempuan Jak Angel dalam usaha menegaskan eksistensi di dunia sepakbola. Sehingga akan di dapat pemahaman persoalan yang dihadapi Jak Angel ketika berinteraksi dengan masyarakat dalam usahanya menegaskan eksistensi sebagai suporter perempuan Persija. Penelitian ini menggunakan asumsi dasar Muted Group Theory (Kramarae, 1981) Penelitian ini didasarkan pada paradigma intepretif dan pendekatan fenomenologi dimana mencoba mengungkapkan realita melalui pengalaman alamiah seseorang yang diciptakan melalui penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa eksistensi Jak Angel sebagai suporter perempuan Persija tidak secara utuh mendapat dukungan dan pandangan positif dari masyarakat. Faktor partisipasi perempuan yang masih dianggap tabu dalam sepakpola serta perilaku negatif yang ditunjukkan oleh Jak Angel pada akhirnya membuat citra Jak Angel di mata masyarakat buruk dan mempengaruhi pengalaman komunikasi mereka ketika berinterkasi dengan masyarakat. Pengalaman komunikasi yang buruk secara eksplisit terlihat dari adanya prasangka tingkat antilocution dan physical attack yang didapat oleh Jak Angel dari masyarakat ketika setiap kali Jak Angel berusaha menegaskan eksistensi sebagai suporter perempuan Persija.
Jak Angel menggunakan strategi komunikasi akomodasi asertif yaitu berusaha mempertahankan identitas mereka dan menjalin hubungan yang positif dengan masyarakat guna memperbaiki citra buruk yang berkembang. Sikap apatis masyarakat terhadap usaha yang dilakukan oleh Jak Angel serta kurangnya kesadaran diri Jak Angel menjadi kendala utama yang dialami oleh Jak Angel dalam setiap usaha yang dilakukan. Sehingga usaha yang dilakukan Jak Angel tidak berjalan maksimal dan mengakibatkan relasi yang terjalin antara Jak Angel dan masyarakat tidak berjalan harmonis.
Keyword: Pengalaman komunikasi, Strategi komunikasi, Suporter perempuan, Jak Angel

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung