Representasi Konflik Ideologi antar Kelas dalam film The Help

Astri Nur Afidah

Abstract


Film merupakan media massa yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. The Help merupakan salah satu film yang mencoba menggambarkan keadaan masyarakat pembantu kulit hitam yang mencoba melawan struktur dominansi majikan kulit putih sebagai akibat dari adanya tindakan diskriminasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana tindakan resistensi yang dilakukan oleh pembantu kulit hitam, gambaran karakter orang kulit hitam serta bentuk-bentuk perlawanan yang dilakukan yang direpresentasikan melalui simbol-simbol visual dan linguistik dan mengungkap ideologi yang ada. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis John Fiske untuk mengkaji dan meneliti tanda-tanda dalam film The Help. Ada tigal level yang diungkapkan Fiske, yakni level realitas, representasi, dan ideologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk resistensi terjadi dalam bentuk secara langsung ataupun secara tidak langsung. Bentuk perlawanan secara langsung terjadi secara verbal melalui pengucapan kata-kata kasar, jorok, umpatan, pemberian julukan, bentakan, dan sangkalan. Bentuk perlawanan secara langsung juga terjadi secara non verbal dengan cara mengcengkeram lengan baju, mengabaikan ucapan, dan melotot. Bentuk resistensi yang dilakukan oleh pembantu kulit hitam dapat juga berupa ucapan verbal dan tindakan secara tidak langsung.
Pengucapan cemoohan dan mengumpat di belakang majikan kulit putih adalah salah satu bentuk resisitensi dalam bentuk verbal secara tidak langsung. Penerbitan buku yang berisi tentang pemikiran dan perasaan orang kulit hitam adalah bentuk resistensi budak kulit hitam secara tidak langsung dan non verbal. Sebagian besar gambaran perlawanan tersebut dapat dilihat melalui penokohan, latar belakang cerita, simbol, tindakan tokoh dalam adegan, serta dialog. Tanda-tanda komunikasi dalam film ini diungkap melalui kerja kamera, pencahayaan, tata artistik, serta dialog. Film ini menunjukkan bagaimana kaum minoritas dapat berjuang melawan keterbatasan agar dapat setara dengan kaum mayoritas.
Keywords : Semiotika, Film, Ras, Kelas, Kulit Hitam

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung