PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA DI TELEVISI DAN BRAND EQUITY TOKOPEDIA TERHADAP MINAT KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN TOKOPEDIA SEBAGAI SARANA JUAL-BELI ONLINE

*Anisa Wikantyas P  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Laju perkembangan E-commerce saat ini sudah semakin cepat. Salah satu bentuk e-commerce yang ada di Indonesia adalah Tokopedia. Untuk menarik perhatian konsumen, Tokopedia menggunakan iklan sebagai alat pemasaran mereka. Bahkan, Tokopedia merupakan e-commerce dengan belanja iklan televisi tertinggi di Indonesia pada tahun 2015 hingga 2016. Namun, Tokopedia belum berhasil meraih posisi teratas sebagai situa jual-beli online yang dipilih oleh masyarakat. Hal tersebut merupakan latar belakang serta permasalahan dari penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia di Televisi dan Brand Equity Tokopedia Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Tokopedia Sebagai Sarana Jual-Beli Online. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Theory sedangkan teori pendukung lainnya adalah Advertising Exposure Process, Brand Resonance Model, dan Teori Efek Media Massa. Penelitian eksplanatori ini menggunakan sebanyak 60 sampel yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisi dengan menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Terpaan Iklan Tokopedia di Televisi dan Brand Equity Tokopedia berpengaruh positif terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Tokopedia Sebagai Sarana Jual-Beli Online.
Keywords: Terpaan Iklan, brand equity, Minat menggunakan Tokopedia, e-commerce

Article Metrics: