Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dragon Nest dengan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Ngaliyan 01

*Theo Domas Santika  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 3 Oct 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 185 162
Abstract
Berdasarkan pada teori penguatan, penelitian ini berasumsi bahwa terdapat hubungan antara intensitas bermain game online dengan motivasi belajar. Peneliti bertujuan untuk menentukan hubungan intensitas bermain game online Dragon Nest dengan motivasi belajar siswa SD Negeri Ngaliyan 01. Target penelitian adalah 40 orang siswa SD yang pernah bermain game online. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan menggunakan uji normalitas dengan uji Kendall’s Tau-b untuk memeriksa hubungan diantara variabel. Hasil data menunjukkan bahwa intensitas bermain game online Dragon Nest tergolong tinggi. Sedangkan motivasi belajar siswa SD Negeri Ngaliyan 01 juga tergolong tinggi. Dimana seluruh responden memiliki motivasi belajar yang tinggi walaupun mereka bermain game online Dragon Nest Uji normalitas menunjukkan bahwa data pada penelitian ini tidak berdistribusi normal, sehingga peneliti menggunakan analisis non parametrik. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan, mengungkapkan adanya hubungan signifikan dengan arah negatif antara intensitas bermain game online Dragon Nest dengan motivasi belajar siswa SD Negeri Ngaliyan 01. Jadi dapat dikatakan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online Dragon Nest maka akan semakin rendah motivasi belajar siswa SD Negeri Ngaliyan 01 dan sebaliknya.
Keywords: intensitas, game online, hubungan, motivasi belajar, siswa SD

Article Metrics: