skip to main content

PENGARUH BRAND FAMILIARITY PEMAIN ADVERGAMES TERHADAP LEVELS OF COMPREHENSION (TINGKAT PEMAHAMAN) DARI BRAND MESSAGE (PESAN MEREK)

*Rizky Wisnu Prayuda Nusantara  -  Departmen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Departmen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP

Citation Format:
Abstract
Advergame sebagai salah satu media penyampaian pesan kini mulai banyak digunakan oleh kalangan pemasar di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari potensi yang dimiliki sebuah game yang mampu menembus berbagai kalangan demografi dan usia. Selain itu, game juga mampu menciptakan platform yang interaktif untuk berkomunikasi dengan khalayak dalam yang tidak bisa dilakukan oleh media tradisional lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand familiarity pemain advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Pendekatan yang menggunakan pendekatan positivistic ini mengujikan relasi 2 variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan teknik one shot case study dengan total sampel 30 orang yang terbagi dalam dua kelompok eksperimen yaitu familiar dan non-familiar. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner diberikan pada partisipan setelah bermain advergame. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif dua kelmpok beda Independent Sample T-test dengan memenuhi uji normalitas Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh brand familiarity pemain advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pengujian dimana nilai probabilitas signifikansi pada uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai >0,05. Selain itu nilai rata-rata kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa brand familiarity bukanlah aspek yang perlu diperhatikan pada pemahaman pesan dalam advergame.
Fulltext View|Download
Keywords: Advergame, Brand Familiarity, Pemahaman Pesan.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.