HUBUNGAN IMMERSION WITH GAME DALAM ADVERGAME DENGAN LEVELS OF COMPREHENSION (TINGKAT PEMAHAMAN) DARI BRAND MESSAGE (PESAN MEREK)

Aeda Aldeafara, Djoko Setyabudi, S.Sos, MM

Abstract


Advergame kini mulai digunakan sebagai tools dalam komunikasi pemasaran di Indonesia. Game memiliki sifat yang interaktif dimana terdapat sebuah storyboard dalam peraturan permainan yang merupakan pesan yang ingin disampaikan pemasar. Tanpa sadar para pemain mengikuti peraturan permainan dan berpatisipasi aktif mengolah pesan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan immersion with game dalam advergame dengan levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek) dengan menggunakan pendekatan positivistic yang menguji relasi 2 variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan teknik one shot case study dengan total sampel 30 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu immersive dan non-immersive. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner diberikan pada partisipan setelah bermain advergame. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif dua kelompok beda Independent Sample T-Test dengan memenuhi uji normalitas Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan immersion with game dalam advergame dengan levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Hal ini disebabkan nilai probabilitas signifikansi pada Uji Independent Sample Test menunjukkan nilai >0,05. Selain itu nilai rata-rata kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa immersion with game bukanlah aspek yang perlu diperhatikan dalam pemahaman pesan game.

Keywords


Advergame, Immersion (penghayatan), Pemahaman Pesan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung