Representasi Kekuasaan Perempuan dalam Film Mad Max Fury Road

Uswatun Hasanah, Dr. Hapsari Dwiningtyas, S.Sos, MA

Abstract


Film sebagai media merupakan salah satu sarana untuk mengetahui ideologi kekuasaan yang berjalan di ranah gender melalui representasi peran perempuan dan laki-laki. Pembentukan karakter dalam Film action hollywood secara konvensional adalah perempuan pelengkap dan pemanis bagi pahlawan laki-laki. Film Mad Max Fury Road” bertujuan untuk mengetahui kekuasaan perempuan sebagai kaum yang diopresi oleh laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis feminis dari Sara Mills : Karakter, Fragmentasi, Fokalisasi dan Schemata. Mad Max Fury Road menampilkan tokoh perempuan maskulin menggunakan elemen kekuasaan yang identik dengan atribut kelaki-lakian. Sedangkan tokoh perempuan feminin memiliki kekuasaan dengan kecantikan dan keindahan, serta sifat manja, lemah, dan tergantung. Fragmentasi karakter perempuan maskulin direpresentasikan melalui lengan dan kepala sebagai tanda kekuatan fisik. Karakter sebaliknya, direpresentasikan melalui wajah, dada, pinggang, dan betis sebagai tanda kekuatan seksual. Sudut pandang kekuasaan ditunjukkan melalui dominasi karakter maskulin yang menarasikan karakter feminin sebagai objek. Dalam schemata terdapat konstruksi power maskulinitas dan feminitas yang berbeda dan bias sebagai strategi perlawanan dan penundukan perempuan.

Keywords


Representasi, Kekuasaan, Perempuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung