STRATEGI KOMUNIKASI UNIT TRANSFUSI DARAH PMI KOTA SEMARANG

*Fardhian Fitrahudin Pratama  -  Deparetemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Deparetemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 30 Jun 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 280 185
Abstract
Dalam instansi apapun secara otomatis memiliki strategi komunikasi untuk mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan. UTD PMI sebagai instansi yang memiliki tugas untuk melakukan donor darah dan memenuhi permintaan darah di Semarang. Dengan turunnya jumlah pendonor pada 2010 dan mulai bertambah kembali tentunya UTD PMI Kota Semarang sangat memperhatikan strategi yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana UTD PMI Kota Semarang menerapkan strategi tersebut. Dengan mengunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus didapat hasil bahwa UTD PMI Kota Semarang menggunakan 7 tahap pembuatan rencana dalam menerapkan strategi komunikasi tersebut. Dalam menarik kembali minat masyarakat dalam kegiatan donor darah, memberikan pengertian mengenai manfaat donor darah sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat. untuk kembali meningkatkan jumlah pendonor darah di Kota Semarang terutama para pendonor baru. “Yang Muda Yang Berdonor” merupakan tema utama yang diambil oleh PMI pusat untuk memfokuskan tujuannya pada masyarakat muda. Diperlukan hal – hal yang menarik minat dari target primer mereka yaitu masyarakat muda, seperti media sosial, dan sesuatu yang sangat disukai oleh masyarakat muda saat ini. selain itu UTD PMI Kota Semarang membina koordinator donor dari setiap kelompok donor agar dengan mudah berkoordinasi dengan setiap koordinator donor.
Keywords: strategi komuniasi; komunikasi pemasaran; donor darah

Article Metrics: