Hubungan antara Motivation achievement untuk pemain advergames dengan tingkat pemahaman (level of comprehension) dari brand message (Pesan Merek)

*Bagaskara S.A.P  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Djoko Setyabudi, S.Sos, MM  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP
Published: 28 Jun 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 27 34
Abstract
Advergame merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan di era modern. Strategi ini dilakukan melalui video games sebagai mediumnya. Berbeda dengan media-media konvensional seperti televisi, koran, radio, dsb. Yang bersifat pasif ketika menyampaikan pesan Advergame memiliki keunikan tersendiri yakni lebih bersifat interaktif. Sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini ingin mengetahui Hubungan antara Motivation achievement (Motivasi Penghargaan) dengan Level of Comprehension dari brand message. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one shot case study. Dengan total partisipan 30 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok termotivasi dan kelompok tidak termotivasi. kelompok termotivasi adalah kelompok yang diberikan motivasi terlebih dahulu sebelum bermain advergame. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji perbandingan Independent samples T-test. dengan pemenuhan asumsi independensi sampel, uji normalitas Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. Temuan dari penelitian ini ini menunjukan tidak ada perbedaan nilai yang signifikan antara kedua kelompok yang diuji, artinya adalah tidak ada Hubungan antara Motivation achievement dengan Level of Comprehension dari brand message. Kedua kelompok dapat memahami pesan yang disampaikan melalui games tanpa harus diberi motivasi.
Keywords: Advergame, motivasi, achievement, Pengolahan Pesan, Pemahaman Pesan

Article Metrics: