PEMBERITAAN CALON KEPALA DAERAH DALAM PILKADA 2015 (KAJIAN TERHADAP PROSES SELEKSI BERITA DI HARIAN SUARA MERDEKA DALAM MELIPUT PASANGAN CALON WALI KOTA SEMARANG)

Sigit Andrianto, Triyono Lukmantoro, S.Sos, M.Si

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah menjelang pilkada serentak 2015, Harian Suara Merdeka secara berkelanjutan menerbitkan pemberitaan mengenai calon wali kota Semarang dengan segala aktivitas kampanyenya. Pemberitaan Suara Merdeka hanya terarah pada hal positif berkaitan dengan calon wali kota, tanpa adanya berita kritis mengenai masing-masing calon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori gatekeeping dan teori politik media massa. Untuk mengetahui proses gatekeeping dalam produksi berita pemilihan wali kota (pilwalkot) Semarang 2015 di Suara Merdeka, diwawancarai sejumlah awak media Suara Merdeka yang terlibat secara langsung dalam proses produksi berita pilwalkot Semarang 2015 yaitu reporter, koordinator liputan, kepala desk kota, redaktur pelaksana dan wakil pemimpin redaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level individual, produksi berita pilwalkot Semarang 2015 di Suara Merdeka dipengaruhi oleh pengalaman serta pengetahuan jurnalis dan editor. Pada level rutinitas media, rapat redaksi menjadi penentu dalam setiap pemilihan berita serta keputusan pemuatan berita. Struktur, kepemilikan media, dan tujuan organisasi menjelaskan pengaruh level organisasi pada proses seleksi berita di Suara Merdeka. Di level ekstra media, berita Suara Merdeka dipengaruhi oleh pemasang iklan, sebelum aturan KPU diberlakukan. Terakhir, pada level sistem sosial, falsafah Jawa Suara Merdeka menuntun bagaimana pemberitan Suara Merdeka dilakukan.

Keywords


gatekeeping; Pilwalkot Semarang 2015; Harian Suara Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung