Pengaruh Intensitas Komunikasi Peer Group, Motivasi dan Intensitas Bermain terhadap Perilaku Adiktif Bermain Video Game Online Clash Of Clans (COC)

*Monalisa Sima Sebayang  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Nurist Surayya Ulfa S,Sos, M.Si  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Published: 30 Mar 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 170 125
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi peer group terhadap perilaku adiktif bermain video game. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh minat dan itensitas bermain terhadap perilaku adiktif bermain video game online Clash Of Clans (COC). Penulis menggunakan Structural Model of Media Use Theory untuk menjelaskan pengaruh intensitas komunikasi peer group, motivasi dan intensitas bermain terhadap perilaku adiktif bermain video game online Clash Of Clans (COC). Populasi penelitian ini adalah khalayak telah berumur 13 tahun keatas yang memainkan game COC dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang, dengan teknik snowball sampling. Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil pengujian dengan SPSS diperoleh untuk variabel intensitas komunikasi peer group terhadap variabel perilaku adiktif diperoleh nilai t = 2,858 dengan signifikansi 0,005 (p < 0,05). Pengaruh variabel motivasi terhadap perilaku adiktif diperoleh nilai t = 3,741 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Pengaruh intensitas bermain terhadap perilaku adiktif diperoleh nilai t = 2,934 dengan signifikansi 0,004 (p < 0,05). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variable independen secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah variabel intensitas komunikasi peer group. Hal itu berati bahwa semakin tinggi intensitas komunikasi peer group maka semakin tinggi pula perilaku adiktif bermain video game online Clash of Clans (COC).
Keywords: intensitas komunikasi peer group; perilaku adiktif

Article Metrics: