PENGARUH USIA PEMAIN ADVERGAMES TERHADAP LEVELS OF COMPREHENSION (TINGKAT PEMAHAMAN) DARI BRAND MESSAGE (PESAN MEREK

*Dewi Luqmania .  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Djoko Setyabudi S.Sos, MM  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Published: 30 Mar 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 34 26
Abstract
Advergame, sebagai sebuah medium komunikasi pemasaran yang mulai popular di Indonesia akhir-akhir ini sangat menarik untuk diteliti. Berbeda dengan media untuk beriklan lainnya, seperti Koran, majalah, televisi, dan radio dimana informasi disampaikan dalam bentuk narasi, advergame memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan informasinya yaitu dengan membuat konsumen berpartisipasi (aktif). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia pemain advergame terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Pendekatan yang menggunakan pendekatan positivistik ini mengujikan relasi 2 variabel, dengan total 24 indikator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan teknik one shot case study dengan total sampel 45 orang yang terbagi dalam tiga kelompok eksperimen menurut usia. Pengambilan data dilakukan dengan diberikannya kuesioner pada partisipan setelah bermain advergame. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan one-way ANOVA dengan pemenuhan asumsi independensi sampel, uji normalitas Kolomogrov Smirnov dan uji homogenitas variansi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa usia pemain advergame berpengaruh secara positif terhadap levels of comprehension (tingkat pemahaman) dari brand message (pesan merek). Ditemukan perbedaan nilai rata-rata levels of comprehension di antara ketiga kelompok eksperimen. Kelompok usia yang paling tua mendapatkan rata-rata nilai tertinggi dan kelompok anak-anak mendapat rata-rata nilai terendah. Ada perbedaan yang signifikan antara pemain anak-anak dan pemain dewasa. Berbeda dengan anak-anak, pemain dewasa mampu mencapai level pemahaman tertinggi yaitu deeper level comprehension.
Keywords: Advergame; Perbedaan Usia; Pengolahan Pesan; Pemahaman Pesan

Article Metrics: