skip to main content

Terpaan Pesan Persuasif Nusatrip di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest) dan Persepsi Kualitas Website Nusatrip terhadap Minat Beli Tiket Pesawat dan Reservasi Hotel di Nusatrip.com

*Diah Yuniasari .  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro
Djoko Setyabudi S.Sos, M.Si  -  Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang penelitian ini didasari karena adanya kegiatan komunikasi persuasif yang dilakukan Nusatrip dengan menggunakan media sosial. Selain itu, Nusatrip sebagai e-commerce Online Travel Agent tentunya mengunakan website sebagai sarana untuk mencari informasi dan melakukan transaksi bagi para konsumen. Dengan pengalaman penggunaan website akan terbentuk persepsi terhadap kualitas mengenai kepuasan ataupun sebaliknya. Sehingga kedua hal tersebut berdampak pada minat beli tiket pesawat dan reservasi hotel di nusatrip.com Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara terpaan pesan persuasif Nusatrip di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest) dan persepsi kualitas website Nusatrip terhadap minat beli tiket pesawat dan reservasi hotel di Nusatrip.com Teori – teori yang mendukung penelitian ini adalah Exposure Theory yang menyebutkan bahwa terpaan dapat menciptakan perasaan atau sikap tertarik terhadap brand yang menggerakkan khalayak untuk menggunakan produk, yang kemudian mengarah pada keinginan untuk mengkonsumsi. Teori The Expectancy Disconfirmation Model sendiri ialah menekankan bahwa kepuasan pelanggan atau ketidakpuasan ditentukan oleh suatu proses evaluasi pelanggan, dimana persepsi tersebut mengenai hasil suatu produk atau jasa, atau hal tersebut dibandingkan dengan standar yang diharapkan dan persepsi elemen-elemen kualitas dapat mempengaruhi perilaku pembelian, kualitas dari suatu website dapat meningkatkan kepuasan dan mendorong pengguna untuk melakukan pembelian. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksplanatori, karena penelitian ini ingin mengetahui hubungan antar variabel penelitian yang sudah dirumuskan dalam hipotesis. Sedangkan populasi yang diambil adalah responden yang memenuhi kriteria responden yang sudah ditentukan dalam penelitian ini. teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah non – probability sampling jenis purposive yaitu 100 orang. Analisa data penelitian menggunakan korelasi Kendall’s Tau_b. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan korelasi Kendall’s Tau_b dan dianalisis dengan SPSS dalam proses pengolahan data untuk melihat signifikansi antar variabel terpaan pesan persuasif Nusatrip di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest) (X1) dengan minat beli tiket pesawat dan Reservasi Hotel di Nusatrip.com (Y) nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,465. Koefisien korelasi persepsi kualitas website Nusatrip (X2) dengan minat beli tiket pesawat dan reservasi hotel di Nusatrip.com (Y) sebesar 0,479 dengan niai signifikansi 0,000. Oleh karena sig sebesar 0,000 < 0,01 terdapat hubungan yang signifikan antar variabel. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa ada hubungan positif antara terpaan pesan persuasif Nusatrip di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest) dan persepsi kualitas website Nusatrip mempunyai hubungan terhadap minat beli tiket pesawat dan reservasi hotel di Nusatrip.com.
Fulltext View|Download
Keywords: Terpaan; Persepsi Kualitas; Minat Beli

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.