SEKOLAH MUSIK KARAWITAN LOKANANTA DI SURAKARTA

*Mira Berliani - 
Published: 31 Dec 2012.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Full Text:
Statistics: 35 175
Abstract

Lokananta adalah perusahaan rekaman musik (label) pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 dan berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Sebagai Perum Percetakan Negara RI cabang Surakarta kegiatannya antara lain recording, music studio, broadcasting, serta percetakan dan penerbitan. Lokananta mempunyai koleksi ribuan lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia (Ethnic/World Music/foklor) dan lagu-lagu pop lama termasuk diantaranya lagu-lagu keroncong. Memiliki luas lahan ± 21.150 m2 yang berada di kota Surakarta dan dengan kondisi bangunan yang sudah tidak terawat lagi, Lokananta memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai pusat informasi budaya seni nasional, agar masyarakat mau mengenal dan menghargai tentang sejarah musiknya.
Kegemaran akan bermusik kian marak dengan didukung kemajuan media audio (radio dan televisi). Ditandai dengan munculnya fenomena pemusik yang tetap mengusung tema atau pola music daerah, sebut saja salah satunya Jogja Hip Hop Fondation yang kini marak diperbincangkan, sebuah grup music hiphop yang mengusung tema pop namun tetap memiliki pattern keroncong ataupun seni sinden.
Surakarta yang kental akan budaya Jawanya memiliki music khas Indonesia yaitu seni Karawitan. Karawitan memiliki pakem-pakemnya sendiri dan merupakan suatu seni music, berupa instrumental dan seni olah vocal yang menganut sebuah pakem susunan nada dari kesenian tradisional Jawa.
Dengan memadukan potensi Lokananta sebagai pusat informasi budaya seni nasional dan Surakarta sebagai asal dari sebuah kesenian Karawitan, maka dapat memberikan usulan dibentuknya Sekolah Musik Karawitan Lokananta di Surakarta. Dengan membentuk sekolah seni musik karawitan Lokananta ini secara langsung dapat meningkatkan potensi Lokananta, selain itu juga bertujuan melestarikan Karawitan sebagai seni budaya asli Indonesia. Sekolah Musik Karawitan Lokananta memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pelatihan musik Karawitan, ruang pertunjukan, dan studio rekaman di Surakarta sebagai media pelestarian, pengembangan, dan penyampaian apresiasi hasil karya seni musik berkualitas

Keywords
Sekolah,Tren, Musik, Karawitan, Lokananta, Surakarta

Article Metrics: