RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK DI KOTA SEMARANG

*Intania Febrianti - 
Agung budi Sardjono - 
Published: 31 Dec 2012.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Statistics: 15
Abstract

Kota Semarang merupakan kota dengan laju pertumbuhan penduduk tertinggi di Jawa Tengah. Kelahiran merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab tingginya laju perumbuhan tersebut. Angka Kelahiran Bayi di Kota Semarang mengalami peningkatan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, dan memiliki kecenderungan terus mengalami peningkatan. Sayangnya fenomena peningkatan angka kelahiran bayi tersebut diikuti juga dengan meningkatnya angka kematian bayi di Kota Semarang. Fenomena fenomena tersebut memaksa Pemerintah Kota Semarang untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas Rumah Sakit khususnya Rumah Sakit Ibu dan Anak. Dengan demikian di Kota Semarang membutuhkan penambahan Rumah Sakit Ibu dan Anak dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
Kajian diawali dengan mempelajari pengertian dan hal-hal mendasar mengenai Rumah Sakit Ibu dan Anak, standar-standar mengenai tata ruang dalam Rumah Sakit Ibu dan Anak, dan melakukan studi banding di beberapa Rumah Sakit khusus Ibu dan Anak. Dilakukan juga tinjauan mengenai lokasi Rumah Sakit Ibu dan Anak di Kota Semarang dan pembahasan konsep taman sebagai dasar perancangan. Tapak yang digunakan adalah sebuah lahan kosong yang berada di Jalan Setiabudi. Selain itu juga dibahas mengenai tata massa dan ruang bangunan, penampilan bangunan, struktur, serta utilitas yang dipakai dalam perancangan “Rumah Sakit Ibu dan Anak di Kota Semarang”.
Konsep perancangan yang ditekankan adalah penataan ruang dengan konsep Taman. Cathment Point digunakan untuk menyiasati bentuk lahan dan menghindari bangunan Rumah Sakit tertutup oleh bangunan lain sekitar tapak. Penataan massa bangunan secara simetris dilakukan sebagai bentuk penyeimbang taman yang ada di sekitar bangunan. Untuk bangunan Rumah Sakit sendiri dirancang dengan konsep Post Modern tetapi tidak meninggalkan unsur tropis.

Keywords
Rumah Sakit Ibu dan Anak, Semarang, Konsep Taman

Article Metrics: