skip to main content

PUSAT TRAVEL AGENT DAN FASILITASNYA DI YOGYAKARTA


Citation Format:
Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap penyedia jasa transportasi khususnya travel agent meningkat dengan pesat di kota- kota besar di Indonesia. Yogyakarta adalah salah satu kota besar di Indonesia yang sebagian masyarakatnya sering menggunakan jasa transportasi dari travel agent ini, dikarenakan banyaknya kaum pendatang di kota Yogyakarta ini yang sebagian besar didominasi oleh mahasiswa dan juga pekerja kantoran. Maraknya atau menjamurnya usaha atau kegiatan travel agent di kota Yogyakarta ini tidak diimbangin dengan kemajuan fasilitas atau pelayanan yang ada di travel agent tersebut. Faktor kenyamanan dan keamanan seringkali tidak diindahkan oleh para pengusaha travel agent. Bangunan travel agent yang ada sebagian besar berupa ruko yang terkadang tidak dapat menampung seluruh kegiatan yang seharusnya ada di sebuah travel agent. Dan bahkan kegiatan dari sebuah travel agent itu sendiri mengganggu keadaan di lingkungan sekitarnya.
Kajian diawali dengan mempelajari pengertian tentang Travel Agent, pengertian dan standar-standar mengenai kegiatan serta fasilitas yang diperlukan dalam sebuah travel agent yang sesuai standar, serta studi banding beberapa travel agent serta fasilitas- fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan di travel agent itu sendiri. Dilakukan juga tinjauan mengenai Kota Yogyakarta, perkembangan kegiatan jasa transportasi travel agent di kota tersebut. Pendekatan perancangan arsitektural dilakukan dengan konsep Modern. Selain itu dilakukan pendekatan fungsional, kinerja, teknis, dan konstekstual. Pemilihan tapak dilakukan berdasarkan persyaratan wilayah atau area sebuah travel agent itu harus dibangun, antara lain dekat dengan bandar udara, stasiun kereta api, ataupun terminal bus.
Sebagai kesimpulan, luasan program ruang yang diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai ilustrasi desain.

Fulltext
Keywords: Travel Agent, Fasilitas, Yogyakarta, Modern

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.