BibTex Citation Data :
@article{IEOJ990, author = {GINANJAR NUGROHO and Heru Prastawa}, title = {ANALISIS TINGKAT KEANDALAN PADA SOPIR DENGAN METODE HEART (HUMAN ERROR ASSESMENT AND REDUCTION TECHNIQUE) (Studi kasus PO XYZ)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {1}, number = {1}, year = {2012}, keywords = {Sopir; human error; human error assessment and reduction technique (HEART); error producing condition (EPC); kecelakaan}, abstract = { Seiring dengan tingginya tingkat kecelakaan bus, maka kami melakukan penelitian ini dengan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat keandalan seorang sopir bus serta seberapa besar nilai keandalan sopir dalam menjalankan tugasnya tersebut untuk mengurangi tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi di dalam PO Sumber Alam. Metode yang digunakan adalah Metode HEART (human error assessment and reduction technique). Di dalam penelitian ini menggunakan 30 sampel sopir yang diteliti. Data yang akan dikumpulkan adalah berupa hasil observasi tentang penyebab kecelakaan bus dan wawancara dengan sopir dan staf personalia PO Sumber Alam.. Dari hasil pengolahan data, didapat nilai Human Error Probability dari sopir bus saat mengemudikan bus adalah sebesar 0,54. Nilai ini menandakan bahwa dalam melakukan tugas mengemudikan bus, dengan kondisi-kondisi yang telah ditentukan sebelumnya, sopir bus memiliki probabilitas melakukan kesalahan yang cukup besar atau dengan kata lain keandalannya katagori rendah (R<0.5) }, pages = {222--236} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/990} }
Refworks Citation Data :
Seiring dengan tingginya tingkat kecelakaan bus, maka kami melakukan penelitian ini dengan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat keandalan seorang sopir bus serta seberapa besar nilai keandalan sopir dalam menjalankan tugasnya tersebut untuk mengurangi tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi di dalam PO Sumber Alam.
Metode yang digunakan adalah Metode HEART (human error assessment and reduction technique). Di dalam penelitian ini menggunakan 30 sampel sopir yang diteliti. Data yang akan dikumpulkan adalah berupa hasil observasi tentang penyebab kecelakaan bus dan wawancara dengan sopir dan staf personalia PO Sumber Alam..
Dari hasil pengolahan data, didapat nilai Human Error Probability dari sopir bus saat mengemudikan bus adalah sebesar 0,54. Nilai ini menandakan bahwa dalam melakukan tugas mengemudikan bus, dengan kondisi-kondisi yang telah ditentukan sebelumnya, sopir bus memiliki probabilitas melakukan kesalahan yang cukup besar atau dengan kata lain keandalannya katagori rendah (R<0.5)
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com