skip to main content

PERANCANGAN ALAT PENGANGKUT BUAH SAWIT MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (VE)

*Deddy Kristanto  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Heru Prastawa  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Industri kelapa sawit adalah industri yang penting dan strategis bagi negara kita karena mampu memberikan sumbangan PDB (Produk Domestik Bruto) nasional sebesar 4,5% dan perolehan devisa ekspor CPO (Crude Palm Oil) sebesar $ 3,5 Milyar. Selain itu juga industri ini mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan pendapatan yang cukup baik bagi 3,3 juta kepala keluarga atau 13,2 juta orang.

Dari beberapa aktifitas yang berhubungan dengan sistem pemanenan buah sawit, ditemukan permasalahan dalam hal pengangutan buah sawit dari lahan perkebunan ke-TPH (Tempat Pengumpulan Hasil). Dengan melakukan wawancara dengan pengguna diketahui kekurangan dari produk yang telah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang alat Pengangkut TBS (Tandan Buah Segar) yang baru.

Model penelitian yang dilakukan sesuai dengan tahapan Job Plan Study dari metode Value Engineering untuk merancang alat pengangkut TBS yang mampu memenuhi kabutuhan konsumen. Diagram FAST digunakan sebagai pendekatan untuk menggambarkan aliran proses fungsional dari produk. Pengujian postur kerja pada alat pengangkut yang digunakan sekarang  mengunakan software CATIA / RULA. Untuk mengeliminasi kekurangan yang ada dilakukan brainstorming dengan tim ahli, desainer dan produsen alat pengangkut gerobak sampah. Hasil penelitian adalah alat pengangkut TBS yang baru dengan bentuk dasar gerobak.

 


ABSTRAK

The palm oil industry is an important and strategic industry for our country because it can contribute to the GDP (Gross Domestic Product) of 4.5% and the national foreign exchange earnings of export of CPO (Crude Palm Oil) for $ 3.5 billion. In addition, the industry is able to create jobs and provide income that is good enough for 3.3 million households or 13.2 million people.

From some of the activities associated with oil palm fruit harvesting system, found the problem in terms pengangutan palm fruit from the plantation to land-TPH (The Gathering Place). By conducting interviews with users in mind the shortcomings of existing products. The purpose of this study is Designing Tool Carrier TBS (FFB) is new.

Model studies conducted in accordance with the stage Job Plan Value Engineering Study of methods for designing conveyance kabutuhan TBS is able to meet consumer. FAST diagram is used as an approximation to describe the functional flow of the product. Testing work on the posture of conveyance that is used now using software CATIA / Rula. To eliminate the existing shortcomings do brainstorming with a team of experts, designers and manufacturers of wheelie bin transporter. The results are new TBS conveyance with basic shapes cart
Fulltext
Keywords: Mengangkut buah sawit; Value Engineering; RULA; Alat Pengangkut TBS

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.