skip to main content

PERANCANGAN MEJA DAN KURSI PENGGUNAAN LAPTOP UNTUK RUANG KECIL DENGAN IMPLEMENTASI METODE QUAD (QUALITY AND USABILITY ASSURED DESIGN)

*Abadan Magfira  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Laptop merupakan produk yang sudah menyentuh semua kalangan, terutama mahasiswa. Aktivitas penggunaan laptop dikalangan mahasiswa bahkan memakan waktu hingga berjam-jam setiap harinya, Sedangkan aktivitas penggunaan laptop ini membutuhkan suatu produk bantu untuk  menciptakan keamanan dan kenyamanan agar pengguna tidak mengalami keluhan jika harus menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Dikalangan mahasiswa produk meja kursi konvensional sudah jarang digunakan dalam menggunakan laptop, dengan alasan bentuk yang terlalu besar sehingga banyak memakan ruang kamar dan kurang nyaman pada saat digunakan. Mereka lebih memilih menggunakan meja tanpa kursi yang dibuat rendah, dengan alasan bentuk yang kecil sehingga menghemat ruang kamar, lebih nyaman, dan lebih praktis. Tetapi responden mahasiswa  masih mengeluhkan bentuk meja yang masih kurang nyaman pada saat digunakan. Fungsi meja hanya terbatas pada satu fungsi yaitu hanya untuk meletakkan laptop, selain itu juga posisi tubuh yang harus menyesuaikan terhadap bentuk meja bukan meja yang menyesuaikan pada bentuk tubuh, sehingga para pengguna mengeluhkan seperti kelehan pada otot tangan, tulang belakang, leher dan juga mata.

Untuk mengidentifikasi masalah tersebut penelitian yang dilakukan adalah menghasilkan desain produk dengan implementasi   metode QUAD (Qualiy and Usability Assured Design) sebagai penyusunan laporan. Dengan menggunakan data anthropometri dan suara kebutuhan konsumen  sebagai parameter untuk merancang  satu set meja kursi penggunaan laptop untuk ruang kecil yang digunakan khusus untuk melakukan aktivitas menggunakan laptop bagi mahasiswa agar didapatkan posisi yang ergonomis sehingga dapat mendukung kenyamanan pengguna dalam melakukan aktivitas pengunaan laptop

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: laptop; Ergonomi; Anthropometri; QUAD

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.