skip to main content

Analisis Resiko Kerja pada Pembuatan Kardus Menggunakan Metode Job Safety Analisys (JSA) di CV MD Palletindo Div. CartonBox

*Kumara Pinastika Dharaka  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pada era globalisasi ini, kegiatan proses produksi yang berjalan di suatu perusahaan akan sangat membutuhkan peralatan dan teknologi yang modern guna menciptakan suatu produktivitas yang tinggi. Hal tersebut juga yang terjadi pada CV MD Palletindo Div. CartonBox yang bergerak di bidang manufaktur penghasil Kardus. Untuk menghindari hal – hal tersebut, perlu dilakukan adanya analisis mengenai potensi atau kemungkinan timbulnya kecelakaan kerja pada proses produksi kardus. Analisis yang dapat digunakan dalam permasalahan ini yaitu Job Safety Analisys (JSA). Job Safety Analysis (JSA) merupakan suatu alat yang dapat menganalisis suatu potensi resiko kerja dalam suatu pekerjaan, JSA dapat diterapkan untuk dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja. (Glen, 2011). Potensi dan resiko bahaya yang mungkin terjadi dalam pekerjaan ini adalah Pada kategori rendah seperti membawa beban berat. Pada kategori medium terdapat potensi cidera seperti iritasi akibat terkena bahan kimia dan jatuh dari ketinggian. Untuk kategori yang lebih bahaya yaitu pada level tinggi seperti jatuh dari ketinggian, terkena sayatan dari mesin slotter dan slitter. Keseluruhan potensi resiko bahaya tersebut merupakan hasil identifikasi berdasarkan pekerjaan yang ada pada perusahaan itu yang harus ditindaklanjuti untuk dapat menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Tahapan dari JSA adalah membagi pekerjaan menjadi unit – unit yang lebih kecil, mengidentifikasi segala potensi cidera pada tiap – tiap pekerjaan, kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan nilai keparahan dan nilai kemungkinan terjadinya kecelakaan, kemudia dikelompokkan pada masing – masing kategori. Usulan yang diberikan adalah lebih berhati – hati dan menaati seluruh kebijakan yang telah ditetapkan dan perbaikan alat bantu ataupun metode baru yang sesuai dengan peraturan dan kebijakan perusahaan.

 

 

 

Abstract

 

In this globalization era, the production process that runs in a company will require modern tools and technology to create a high productivity. It also happens to CV MD Palletindo Div. CartonBox engaged in manufacturing cardboard producer. The analysis can be used in this matter, namely Job Safety Analisys (JSA). Job Safety Analysis (JSA) is a tool that can analyze the potential risks of working in a job, the JSA can be applied to reduce the risk of accidents. (Glen, 2011). And the potential hazards that may occur in this work is On the lower categories such as carrying heavy loads. In the medium category there is potential for injury such as irritation due to exposure to chemicals and falls from height. For more hazard categories are at a high level such as falls from heights, exposed incision of slotter and slitter machine. Overall risk potential hazard is the result of identification based on the existing work in the company which should be followed in order to avoid accidents. Stages of the JSA is to divide the work into units - smaller units, identifying all the potential injuries to each - each job, then analyzed to obtain the value of severity and likelihood of accidents value, later grouped on each - each category. The proposal given was more careful - careful and abide by all policies that have been established and improved tools or new methods in accordance with the rules and policies of the company.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Analisis Resiko Kerja; Job Safety Analysis; Carton Box

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.