skip to main content

PEMETAAN RANTAI NILAI INDUSTRI KREATIF UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI USAHA ( Studi Kasus: UMKM Monel Jepara)

*Freddy Antonius Sihite  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Darminto Pujotomo  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kondisi perkembangan sentra UMKM monel yang  sudah eksis sejak tahun 1970 ini memiliki penurunan nilai produksi dan tidak adanya terapan strategi daya saing. Menanggapi masalah ini, maka penyusun mengadakan penelitian mengenai pemetaan rantai nilai dalam upaya meningkatkan nilai ekonomi usaha.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai tambah dan margin setiap rantai nilai pelaku usaha, mengidentifikasi masalah dan menciptakan strategi pengembangan produk dengan pemetaan rantai nilai, Critical Succes Factor (CSF), memberikan rekomendasi strategi pengembangan usaha dengan menggunakan  analisis SWOT dengan matriks internal eksternal (matriks IE). Dari hasil pemetaan, permasalahan yang menonjol adalah kurangnya sumber permodalan dan tidak adanya kerjasama kolektif antar pelaku usaha. Sehingga perlu dibentuk strategi joint venture dalam menangani bagian permodalan.Dengan menggunakan CSF, strategi untuk menangani permasalahan terdapat pada bagian promosi dan inovasi. Sedangkan dengan analisis SWOT, rekomendasi  dilakukan dengan strategi pertumbuhan horizontal dengan melakukan pengembangan pada bagian produk, kualitas produk, dan akses pasar

 


Monel district conditions that has existed since the year 1970 has decreased the value of production and the absence of applied competitiveness strategy. Responding the problem, the authors conducted research on mapping the value chain in an effort to enhance the economic value of the business. The purpose of this study is to identify the added value and margin of each business value chain, identify problems and create product development strategies with value chain mapping, Critical Success Factor (CSF), provides strategic on business development using SWOT analysis with the internal- external matrix (IE matrix). The results indicate that identification of an industrial value chain in monel less running optimally. From the results of mapping, a prominent problem is the lack of capital resources and the absence of collective cooperation among businessmen. So need to set up joint venture strategy in dealing the capital. CSF strategies found problems on promotion and innovation. While the SWOT analysis, recommendations done by horizontal growth strategy by doing the development on the product, product quality, and market access.

Kondisi perkembangan sentra UMKM monel yang  sudah eksis sejak tahun 1970 ini memiliki penurunan nilai produksi dan tidak adanya terapan strategi daya saing. Menanggapi masalah ini, maka penyusun mengadakan penelitian mengenai pemetaan rantai nilai dalam upaya meningkatkan nilai ekonomi usaha.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai tambah dan margin setiap rantai nilai pelaku usaha, mengidentifikasi masalah dan menciptakan strategi pengembangan produk dengan pemetaan rantai nilai, Critical Succes Factor (CSF), memberikan rekomendasi strategi pengembangan usaha dengan menggunakan  analisis SWOT dengan matriks internal eksternal (matriks IE). Dari hasil pemetaan, permasalahan yang menonjol adalah kurangnya sumber permodalan dan tidak adanya kerjasama kolektif antar pelaku usaha. Sehingga perlu dibentuk strategi joint venture dalam menangani bagian permodalan.Dengan menggunakan CSF, strategi untuk menangani permasalahan terdapat pada bagian promosi dan inovasi. Sedangkan dengan analisis SWOT, rekomendasi  dilakukan dengan strategi pertumbuhan horizontal dengan melakukan pengembangan pada bagian produk, kualitas produk, dan akses pasar

Monel district conditions that has existed since the year 1970 has decreased the value of production and the absence of applied competitiveness strategy. Responding the problem, the authors conducted research on mapping the value chain in an effort to enhance the economic value of the business. The purpose of this study is to identify the added value and margin of each business value chain, identify problems and create product development strategies with value chain mapping, Critical Success Factor (CSF), provides strategic on business development using SWOT analysis with the internal- external matrix (IE matrix). The results indicate that identification of an industrial value chain in monel less running optimally. From the results of mapping, a prominent problem is the lack of capital resources and the absence of collective cooperation among businessmen. So need to set up joint venture strategy in dealing the capital. CSF strategies found problems on promotion and innovation. While the SWOT analysis, recommendations done by horizontal growth strategy by doing the development on the product, product quality, and market access.

Fulltext
Keywords: Rantai Nilai; Nilai Tambah ; Critical Succes Factor; analisis SWOT

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.