skip to main content

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. POS INDONESIA KPC SURABAYA SELATAN)

*Amelinda Sudarto  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Rani Rumita  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT. Pos Indonesia merupakan salah satu badan usaha milik negara yang diberi tugas oleh pemerintah Indonesia menyelenggarakan usaha perposan atau persuratan. Seiring dengan perkembangan jaman menyebabkan timbulnya pesaing sejenis, maka PT. Pos Indonesia mengeluarkan jasa baru dibidang keuangan yaitu POSPAY. POSPAY (Post Payment). POSPAY adalah layanan online payment point untuk melakukan transaksi pembayaran tagihan, setoran dan penarikan tabungan mitra kerja PT. Pos Indonesia. Pada tahun 2013 terjadi penurunan pendapatan, dimana pendapatan ini baru terpenuhi sebesar 30% dari target pendapatan. Penurunan pendapatan juga diiringi oleh penurunan penjualan yang disebabkan oleh konsumen yang tidak tetap, sehingga perusahaan harus aktif dibidang pemasaran. Untuk pemasaran jasa terdiri dari 7 bauran yaitu bauran pemasaran product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. Pemasaran jasa ini nantinya akan mengarah terhadap keputusan pembelian konsumen POSPAY. Analisis pengaruh dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Dimana koefisien dari hasil regresi berfungsi sebagai penentu variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian POSPAY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian yaitu hasil uji F sebesar 10.964 dengan variabel physical evidence yang paling dominan.


Abstract

PT. Pos Indonesia is one of the state-owned enterprises were given the task by the Indonesian government is to undertake postal or correspondence. Along with the development led to the emergence of similar competitors, PT. Pos Indonesia issued a new field of financial services, namely POSPAY. POSPAY (Post Payment). POSPAY is an online service payment point for bill payment transactions, deposits and savings withdrawals partner PT. Pos Indonesia. In 2013 a decline in revenue, which this revenue is met by 30% of the target revenue. The decrease in revenues was also accompanied by a decline in sales caused by consumers who are not fixed, so the company must be active in the field of marketing. For service marketing mix that consists of 7 marketing mix product, price, promotion, place, people, process and physical evidence. Marketing services would eventually lead to consumer purchasing decision POSPAY. Analysis of the effect is done by using multiple linear regression method. Where the coefficients from the regression function as a determinant of where the most dominant variable influencing purchasing decisions POSPAY. The results showed that there was the influence of the marketing mix 7P to the purchasing decision is the result of 10 964 F test with variable most dominant physical evidence.

Fulltext View|Download
Keywords: Analisis Regresi linier Berganda; Bauran pemasaran 7P; POSPAY

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.