skip to main content

PENYUSUNAN DOKUMENTASI MUTU DENGAN REVIEW DAN UPDATE MANUAL MUTU, PROSEDUR MUTU SERTA INSTRUKSI KERJA DI DEPARTEMEN MAINTENANCE BERDASARKAN ISO 9001:2008

*Susila Winata  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT ABC merupakan salah satu aset Pertamina yang memproses gas alam menjadi LNG (Liquid Natural Gas) untuk kebutuhan ekspor gas dunia. PT ABC telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam proses produksi dan perawatan pabrik LNG. Dalam mencapai dan mempertahankan kinerja perusahaan ini telah mencapai dan menerapkan beberapa sertifikat kualitas, salah satunya ISO 9001:2008. Salah satu klausul dalam ISO 9001:2008 disebutkan bahwa perusahaan wajib mendokumentasikan dan memelihara sistem manajemen mutu, hal tersebut diwujudkan dalam dokumen manual mutu, prosedur mutu dan instruksi kerja.

Dokumen mutu yang dimiliki PT ABC pada saat ini adalah edisi tahun 2008. Ada beberapa aktivitas yang sudah tidak lagi dikerjakan tetapi masih tertulis di dalam dokumen mutu edisi lama dan adanya aktivitas baru yang belum tertulis di dokumen mutu edisi lama,oleh karena itu diperlukan sebuah pembaruan dokumen mutu sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini.

Dokumen mutu yang sudah diperbarui antara lain manual mutu, SOP (Standard Operating Procedure) pemeriksaan Boiler dan Instruksi Kerja pengecekan relief valve. Hasil analisis menunjukkan dengan adanya dokumen baru yang sudah diperbarui sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini akan menolong karyawan dalam menjalankan aktivitas di dalam perusahaan sesuai dengan dokumen standar yang tersedia saat ini.

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

 

PT ABC is one of Pertamina‘s assets which process natural gas into LNG (Liquid Natural Gas) for the world's gas exports. PT ABC has experienced for more than 30 years in the production process and maintenance of LNG plants. PT ABC has maintain the company's performance and implement several quality certificates, one of which is an ISO 9001:2008. One of the clauses in ISO 9001: 2008 states that companies are required to document and maintain a quality management system, it is embodied in the document quality manual, Standart Operating Procedures and work instructions.

Quality documents owned by PT ABC at this time is the 2008 edition. There are several activities that are no longer exist but still written in the old edition of quality documents and the new activities that has not been written in the quality documents, so it needs an update quality documents in accordance with the company's current condition.

The new aquality documents include quality manual, SOP (Standard Operating Procedure) for boiler inspection and Work Instructions for checking relief valve. The analysis show that the new document will help employees in carrying out the activity in accordance with the company standard documents available at this time. 

Fulltext View|Download
Keywords: ISO 9001; manual mutu; SOP; intruksi kerja; update.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.