skip to main content

PERBAIKAN PROSES BRAND CHANGEOVER MESIN MAKER-PACKER DENGAN PENDEKATAN SINGLE MINUTES EXCHANGE OF DIES (SMED) (Studi Kasus PT.XXX, Departemen Business Unit)

*Nyimas Titiek Indriani  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Waktu Changeover merupakan suatu waste yang perlu dihilangkan atau diminimalkan. Pada Departement Secondary Putih Mesin PT. XXX , waktu setup pada proses pergantian brand (Brand Changeover) yang tinggi berdampak pada nilai uptime yang kecil dan bergesernya jadwal produksi sehingga tidak dapat memenuhi permintaan konsumen tepat waktu. Sehingga perlu dilakukannya perbaikan proses changeover pada mesin maker dan packer. Salah satu penyebab waktu pergantian brand yang tinggi adalah PT. XXX belum memisahkan kegiatan eksternal dan internal serta prosedur yang tepat untuk setup proses brand change. Pemisahan kegiatan eksternal dan internal dengan metode SMED, lalu tahap selanjutnya memparalelkan kegiatan internal. Waktu yang dibutuhkan mesin maker untuk melakukan changeover adalah 80.91 menit dan mesin packer adalah 162.71 menit. Dengan melakukan pemisahan kegiatan eksternal dan internal dapat mereduksi 38,04% waktu changeover untuk mesin maker dan 45.13% waktu changeover untuk mesin packer. Dari implementasi selama 7 minggu dapat diketahui bahwa penurunan waktu changeover dapat meningkatkan peforma uptime link up mesin sebesar 6.48%.

 

 

ABSTRACT

 

Changeover time is a waste that we should be replaced or minimized. In Department of SPM PTXXX, setup time on high brand changing process (brand changeover) caused small uptime value and shifting production scheudle with the result that could not fullfill consumer's demand in the right time. So it needs to be improved on the machine maker and packer. One of the cause higher changeover timing on brand changing process is PTXXX haven't  separated external and internal activities, also the correct procedure for setup of brand changing process. The separation of external and internal activities with SMED method, then the next stage parallelize internal activities. The time needed to perform the changeover machine maker is 80.91 minutes and the packer machine is 162.71 minutes. By separated external and internal activities, could reduce 38,04% changeover timing for machine maker and 45,13% changeover timing for packer machine. During 7 weeks of  implementation it could be known that the decreasing of changeover timing able to increasing uptime performance of link-up machine in amount of 6,48%

Fulltext View|Download
Keywords: Brand Changeover; Time Study; SMED

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.