skip to main content

PERENCANAAN STRATEGI BISNIS UKM PRODUK BERBAHAN LIMBAH KAYU MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGY PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus : UD.MURSODO)

*Desy Anggrita Wida Aswara  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Hartini  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Strategi bisnis merupakan kemampuan yang dimiliki pelaku bisnis untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal usaha, merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi dan merancang rencana untuk mencapai sasaran. UD.MURSODO adalah UKM yang mengolah produk berbahan limbah kayu yang mengalami kendala yaitu persaingan yang semakin ketat, permodalan yang kecil serta kegiatan promosi yang kurang maksimal. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi bisnis bagi UD.MURSODO. Proses perencanaan strategi bisnis ini dilakukan menggunakan metode SWOT (Strengths- Weakness- Opportunity- Threats), analisis faktor internal dan eksternal menggunakan matriks IFE dan EFE, penentuan posisi UD.MURSODO menggunakan matriks SPACE dan IE. Hasil alternatif strategi dipilih menggunakan matriks QSPM. Berdasarkan masalah yang terjadi pada UD.MURSODO, kegiatan penetrasi pasar merupakan prioritas strategi yang harus dikembangkan. Oleh karena itu, segala hal yang terkait dengan promosi, pemasaran dan penjualan akan mampu mengembangkan UD.MURSODO.


 

ABSTRACT

Bussiness strategy was task the owner to analize external and internal problem of bussines environtment, formulated the strategy, implemented and designed to achiev the bussines target. UD.MURSODO was a SME that made product from wood waste and UD.MURSODO have many problem that fierce competition, less promotion activity and small capitalization in experienced of business development. Therefore, the study  conducted to formulate the strategies for UD.MURSODO. Business strategy planning used SWOT method (Strengths- Weakness- Opportunity- Threats), analysis of internal and external factors used IFE and EFE matrix, the matrix positioning SPACE and IE. Alternative strategies  selected by QSPM. Based on the case, UD.MURSODO developed the market penetration as the priority. Therefore, all matters will be able to developed like promotion, marketing and sales.

Fulltext View|Download
Keywords: SWOT; matriks EFE; matriks IFE; SPACE; matriks IE dan matriks QSPM.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.