BibTex Citation Data :
@article{IEOJ5602, author = {Tridoyo Tridoyo and Sriyanto Sriyanto}, title = {ANALISIS BEBAN KERJA DENGAN METODE FULL TIME EQUIVALENT UNTUK MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK-HONDA SALES OPERATION REGION SEMARANG}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {3}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {Perencanaan SDM; Beban Kerja; Full Time Equivalent; Kebutuhan Tenaga Kerja}, abstract = { Pertumbuhan pasar motor di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pesatnya perkembangan industri otomotif khususnya sepeda motor juga diimbangi dengan meningkatnya persaingan antara produsen sepeda motor yang semakin dinamis, kompetitif dan cenderung sulit untuk diprediksi pada era globalisasi seperti sekarang ini. Suatu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang mampu bekerja dengan efektif dan efisien untuk mendorong tercapainya visi, misi dan tujuan perusahaan. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bekerja dengan efektif dan efisien maka diperlukan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat. Perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia dapat dilakukan melalui analisis beban kerja. Terdapat fenomena menarik pada Astra Motor (PT Astra International Tbk. - Honda Sales Operation region Semarang) bahwa terjadi ketidaksesuaian antara beban kerja dengan jumlah pekerja yang mengakibatkan terjadi inefisiensi kerja. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran beban kerja sebagai dasar perhitungan kebutuhan tenaga kerja yang optimal. Pada penelitian ini akan dibahas pengukuran beban kerja karyawan PT Astra International Tbk- Honda Sales Operation region Semarang pada level administrator dengan metode Full Time Equivalent. (FTE) melalui audit manajemen sumber daya manusia dengan metode analitik observasional cross sectional. Hasil penelitian menunjukan bahwa beban kerja yang ditanggung karyawan pada level administrator adalah 64 % atau 25 karyawan memiliki beban kerja rendah/underload, 33% atau 13 karyawan memiliki beban kerja normal/fit, dan 3% atau 1 karyawan memiliki beban kerja tinggi/overload. Sedangkan jumlah kebutuhan tenaga kerja optimal pada level administrator adalah 3 4 karyawan. Untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan merubah komposisi jumlah tenaga kerja sesuai perhitungan jumlah tenaga kerja optimal dan melakukan penyusuanan kembali j ob description . Abstract The increase of motorcycle market growth in Indonesia is getting higher from year to year. The rapid development of automotive industry, especially motorcycle, is also balanced with the increase of competition among motorcycle producers who are more dynamic, competitive, and tends to be difficult for predicting in this globalization era. A company needs human resources who are able to work effectively and efficiently to motivate the achievement of company’s vision, mision, and goal. In producing human resources who can work effectively and efficiently needs an accurate human resource management. Planning and managing of human resources can be carried out by using workload analysis. There is an interesting phenomenon in Astra Motor ( PT Astra International Tbk- Honda Sales Operation region Semarang) that there is an incompatibility between the workload and the number of workers which cause inefficiency works. Therefore, it needs to be carried out the workload measurement as the basis of the measurement of optimal worker needs. In this research, it discusses the workload measurement of PT Astra International Tbk- Honda Sales Operation region Semarang workers at the administrator level by using Full Time Equivalent method ( FTE ) through human resource management audit by using observational cross sectional analytic method. The results show that the workload that is warranted by workers at the administrator level is 64% or 25 workers have underload, 33% or 13 workers have normal/fit, and 3% or 1 worker has overload whereas the total number of optimal worker needs at the administrator level are 3 4 workers. To optimize employee performance can be done by changing the composition of manpower according to the calculation of optimal manpower and reconstitute job description. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/5602} }
Refworks Citation Data :
Pertumbuhan pasar motor di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pesatnya perkembangan industri otomotif khususnya sepeda motor juga diimbangi dengan meningkatnya persaingan antara produsen sepeda motor yang semakin dinamis, kompetitif dan cenderung sulit untuk diprediksi pada era globalisasi seperti sekarang ini. Suatu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang mampu bekerja dengan efektif dan efisien untuk mendorong tercapainya visi, misi dan tujuan perusahaan. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bekerja dengan efektif dan efisien maka diperlukan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat. Perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia dapat dilakukan melalui analisis beban kerja. Terdapat fenomena menarik pada Astra Motor (PT Astra International Tbk. - Honda Sales Operation region Semarang) bahwa terjadi ketidaksesuaian antara beban kerja dengan jumlah pekerja yang mengakibatkan terjadi inefisiensi kerja. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran beban kerja sebagai dasar perhitungan kebutuhan tenaga kerja yang optimal. Pada penelitian ini akan dibahas pengukuran beban kerja karyawan PT Astra International Tbk- Honda Sales Operation region Semarang pada level administrator dengan metode Full Time Equivalent. (FTE) melalui audit manajemen sumber daya manusia dengan metode analitik observasional cross sectional. Hasil penelitian menunjukan bahwa beban kerja yang ditanggung karyawan pada level administrator adalah 64 % atau 25 karyawan memiliki beban kerja rendah/underload, 33% atau 13 karyawan memiliki beban kerja normal/fit, dan 3% atau 1 karyawan memiliki beban kerja tinggi/overload. Sedangkan jumlah kebutuhan tenaga kerja optimal pada level administrator adalah 34 karyawan. Untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan merubah komposisi jumlah tenaga kerja sesuai perhitungan jumlah tenaga kerja optimal dan melakukan penyusuanan kembali job description.
Abstract
The increase of motorcycle market growth in Indonesia is getting higher from year to year. The rapid development of automotive industry, especially motorcycle, is also balanced with the increase of competition among motorcycle producers who are more dynamic, competitive, and tends to be difficult for predicting in this globalization era. A company needs human resources who are able to work effectively and efficiently to motivate the achievement of company’s vision, mision, and goal. In producing human resources who can work effectively and efficiently needs an accurate human resource management. Planning and managing of human resources can be carried out by using workload analysis. There is an interesting phenomenon in Astra Motor ( PT Astra International Tbk- Honda Sales Operation region Semarang) that there is an incompatibility between the workload and the number of workers which cause inefficiency works. Therefore, it needs to be carried out the workload measurement as the basis of the measurement of optimal worker needs. In this research, it discusses the workload measurement of PT Astra International Tbk- Honda Sales Operation region Semarang workers at the administrator level by using Full Time Equivalent method ( FTE ) through human resource management audit by using observational cross sectional analytic method. The results show that the workload that is warranted by workers at the administrator level is 64% or 25 workers have underload, 33% or 13 workers have normal/fit, and 3% or 1 worker has overload whereas the total number of optimal worker needs at the administrator level are 34 workers. To optimize employee performance can be done by changing the composition of manpower according to the calculation of optimal manpower and reconstitute job description.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com