BibTex Citation Data :
@article{IEOJ54029, author = {Muhammad Raqi Abhista Suwondo and Sriyanto Sriyanto}, title = {ANALISIS HASIL DATA PENJUALAN DENGAN VISUALISASI DATA MENGGUNAKAN TABLEAU}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {14}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {Sales, apps, Tableau, analytics, dashboards}, abstract = { Abstrak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan terkemuka di industri semen di Indonesia, pada Unit of Digital Business Strategic Partnership di PT Semen Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam mengoptimalkan keuntungan perusahaan melalui bisnis digital Semen Indonesia Group yang dimana unit ini membuat platform untuk penjualan produk Semen dan jasa, salah satunya yaitu Sobat Bangun. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh Unit of Digital Business Strategic Partnership PT Semen Indonesia adalah ketiadaan dashboard yang memadai untuk memberikan visualisasi data yang jelas dan dapat diakses dengan cepat. Tanpa alat yang sesuai, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi penjualan sangat terbatas, dan menghambat proses pengambilan keputusan yang efektif penerapan aplikasi data analitik seperti Tableau dapat menjadi suatu langkah inovatif untuk meningkatkan pengelolaan margin dan melakukan penentuan langkah selanjutnya dalam suatu permasalahan. Oleh karena itu akan dilakukan perbaikan dalam hal pengelolaan penjualan melalui analisis hasil penjualan, dengan fokus pada ketidaktersediaan dashboard yang proper untuk melihat visualisasi data Kata kunci: Penjualan, aplikasi, Tableau, analisis, dashboard Abstract [Analyze Sales Data Results With Dashboard Data Visualization Using Tableau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk is a leading company in the cement industry in Indonesia. The Digital Business Strategic Partnership Unit at PT Semen Indonesia has a big responsibility in optimizing company profits through the Semen Indonesia Group digital business, where this unit creates a platform for product sales. Cement and services, called Sobat Bangun. One of the obstacles faced by PT Semen Indonesia's Digital Business Strategic Partnership Unit is the lack of an adequate dashboard to provide clear data visualization that can be accessed quickly. Without appropriate tools, understanding of the factors that influence sales is very limited, and hinders an effective decision-making process. The application of analytical data applications such as Tableau can be an innovative step to improve margin management and determine the next steps in a problem. Therefore, improvements will be made in terms of sales management through sales results analysis, with a focus on the unavailability of a proper dashboard to view data visualization.. Keywords: Sales, apps, Tableau, analytics, dashboards }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/54029} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan terkemuka di industri semen di Indonesia, pada Unit of Digital Business Strategic Partnership di PT Semen Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam mengoptimalkan keuntungan perusahaan melalui bisnis digital Semen Indonesia Group yang dimana unit ini membuat platform untuk penjualan produk Semen dan jasa, salah satunya yaitu Sobat Bangun. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh Unit of Digital Business Strategic Partnership PT Semen Indonesia adalah ketiadaan dashboard yang memadai untuk memberikan visualisasi data yang jelas dan dapat diakses dengan cepat. Tanpa alat yang sesuai, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi penjualan sangat terbatas, dan menghambat proses pengambilan keputusan yang efektif penerapan aplikasi data analitik seperti Tableau dapat menjadi suatu langkah inovatif untuk meningkatkan pengelolaan margin dan melakukan penentuan langkah selanjutnya dalam suatu permasalahan. Oleh karena itu akan dilakukan perbaikan dalam hal pengelolaan penjualan melalui analisis hasil penjualan, dengan fokus pada ketidaktersediaan dashboard yang proper untuk melihat visualisasi data
Kata kunci: Penjualan, aplikasi, Tableau, analisis, dashboard
Abstract
[Analyze Sales Data Results With Dashboard Data Visualization Using Tableau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk is a leading company in the cement industry in Indonesia. The Digital Business Strategic Partnership Unit at PT Semen Indonesia has a big responsibility in optimizing company profits through the Semen Indonesia Group digital business, where this unit creates a platform for product sales. Cement and services, called Sobat Bangun. One of the obstacles faced by PT Semen Indonesia's Digital Business Strategic Partnership Unit is the lack of an adequate dashboard to provide clear data visualization that can be accessed quickly. Without appropriate tools, understanding of the factors that influence sales is very limited, and hinders an effective decision-making process. The application of analytical data applications such as Tableau can be an innovative step to improve margin management and determine the next steps in a problem. Therefore, improvements will be made in terms of sales management through sales results analysis, with a focus on the unavailability of a proper dashboard to view data visualization..
Keywords: Sales, apps, Tableau, analytics, dashboards
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com