skip to main content

USULAN PERENCANAAN KEGIATAN MAINTENANCE PADA SISTEM VE (MESIN PROTOS-M6 (CM086)) DENGAN METODE RCM II (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE) (Studi Kasus PT DJARUM SKM-Gondang Manis)

*Wira Agus Prastyo  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT Djarum SKM-Gondang Manis merupakan perusahaan mass production dengan hasil produksinya berupa rokok filter. Manajemen maintenance yang baik sangat dibutuhkan guna menurunkan frekuensi breakdown. PT Djarum telah menerapkan maintenance baik secara preventive maupun corrective. Akan tetapi PT Djarum SKM-Gondang Manis belum mampu memberikan maintenance yang baik terhadap mesin baru yang dimilikinya,dengan terbukti dengan tingginya tingkat corrective dan downtime yang terjadi pada mesin tersebut. Mesin yang memiliki jumlah corrective paling tinggi yaitu mesin CM086 dan sistem yang paling banyak downtime nya adalah sistem VE dengan total downtime selama 104,27 jam dan kerugian loss opportunity akibat downtime tersebut mencapai Rp 50.053.733.333,33 dalam waktu satu tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rencana kegiatan maintenance guna menjamin kehandalan sistem VE berdasarkan modus-modus kegagalan mesin dan konsekuensinya.

Metode yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance II dengan memadukan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan kegiatan maintenance untuk modus-modus kegagalan yang terdiri dari 10 kebijakan on condition task, 19 kebijakan no-scheduled maintenance dan 1 kebijakan scheduled discard task dengan menentukan waktu optimal 1432 jam untuk penggantian komponen trimmer disk.

 

 

 

Fulltext
Keywords: maintenance; loss production; Reliability Centered Maintenance (RCM)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.