skip to main content

PERENCANAAN STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN PASTRY AND CAKE MENGGUNAKAN SWOT ANALYSIS

*Olivia Almahani  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Susatyo Nugroho Widyo Promono  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Purnawan Adi Wicaksono  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Fiven Cake adalah salah satu UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bergerak di sektor kuliner, khususnya dalam pembuatan kue dan roti, yang saat ini tengah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pada salah satu cabang Fiven Cake yang berada di Ngaliyan mengalami penurunan penjualan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah mengidentifikasi keadaan lingkungan internal dan eksternal Fiven Cake serta perumusan strategi bisnis yang tepat dan efektif untuk meningkatkan hasil penjualan. Peniltian ini menggunakan beberapa metode, yaitu Value Chain Analysis, Porter’s Five Forces Analysis, dan SWOT Analysis. Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan faktor internal dan eksternal Fiven Cake memiliki 10 kekuatan, 6 kelemahan, 8 peluang, dan 12 ancaman. Hasil pengolahan matriks IFE dan EFE didapatkan skor bobot total IFE sebesar 2,862, dan skor bobot total EFE sebesar 3,134. Posisi Fiven Cake berada pada sel II yang artinya faktor internal dan eksternal Fiven Cake pada posisi yang cukup kuat, yang digambarkan sebagai tumbuh dan membangun (grow and build). Alternatif strategi yang dapat dipakai yaitu strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk), dan strategi integratif (integrasi kedepan, ke belakang, dan horisontal). Selanjutnya, perumusan strategi dilakukan menggunakan matriks SWOT dengan jumlah strategi yang diusulkan sebanyak 17 alternatif strategi.

Kata Kunci : VCA, Porter’s Five Forces Analysis, IFE, EFE, Matriks IE, Analisis SWOT

Abstract

Fiven Cake is one of the SMEs (Small and Medium Enterprises) engaged in the culinary sector, especially in making cakes and bread, which is currently experiencing significant growth. One of Fiven Cake's branches in Ngaliyan has experienced a decline in sales. Therefore, the purpose of this study is to identify the internal and external environment of Fiven Cake as well as the formulation of appropriate and effective business strategies to improve sales results. This research uses several methods, namely Value Chain Analysis, Porter's Five Forces Analysis, and SWOT Analysis. Based on the identification that has been done, Fiven Cake's internal and external factors have 10 strengths, 6 weaknesses, 8 opportunities, and 12 threats. The results of the IFE and EFE matrix processing obtained a total IFE weight score of 2.862, and a total EFE weight score of 3.134. Fiven Cake's position is in cell II, which means that Fiven Cake's internal and external factors are in a fairly strong position, which is described as grow and build. Alternative strategies that can be used are intensive strategies (market penetration, market development, and product development), and integrative strategies (forward, backward, and horizontal integration). Furthermore, strategy formulation is carried out using a SWOT matrix with a total of 17 alternative strategies proposed.

Keywords: VCA, Porter’s Five Forces Analysis, IFE, EFE, Matriks IE, SWOT Analysis

Fulltext View|Download
Keywords: VCA, Porter’s Five Forces Analysis, IFE, EFE, Matriks IE, SWOT Analysis

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.