BibTex Citation Data :
@article{IEOJ47113, author = {Christo Manuel Daniel and Susatyo Nugroho Widyo Pramono and Zainal Fanani Rosyada}, title = {PERANCANGAN DESAIN PRODUK TOTE BAG UMKM LURIK SENTHIR MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {13}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {Kansei Engineering, Product Design, Lurik Fabric Tote Bag, Kansei Words}, abstract = { Abstrak Di Indonesia, Tote bag merupakan salah satu produk yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari karena fungsinya yang praktis dan desainnya yang variatif. UMKM Lurik Senthir, yang memproduksi kain lurik tradisional, ingin mengembangkan variasi produk dengan membuat Tote bag dari kain lurik. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana merancang Tote bag yang sesuai dengan preferensi konsumen agar produk tersebut diminati di pasaran. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menggunakan pendekatan Kansei Engineering, sebuah metode yang menghubungkan perasaan dan emosi konsumen dengan desain produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain produk Tote bag kain lurik yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Proses penelitian melibatkan pengumpulan data dari konsumen untuk memahami preferensi mereka terkait desain tote bag. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Kansei Engineering untuk menghasilkan desain yang optimal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah desain produk Tote bag kain lurik yang sesuai dengan preferensi konsumen, yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan penjualan produk UMKM Lurik Senthir. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memahami dan menerapkan preferensi konsumen dalam desain produk. Kata Kunci: Kansei Engineering, Design Produk, Tote bag Kain Lurik, Kansei Words Abstract In Indonesia, tote bags are one of the products that are widely used in daily life due to their practical function and varied designs. MSME Lurik Senthir, which produces traditional lurik fabrics, wanted to develop product variations by making tote bags from lurik fabrics. However, the main challenge faced is how to design a Tote bag that suits consumer preferences so that the product is in demand in the market. To address this issue, this research utilizes the Kansei Engineering approach, a method that connects consumers' feelings and emotions with product design. The purpose of this research is to design a lurik fabric Tote bag product design that is able to meet the needs and desires of consumers. The research process involved collecting data from consumers to understand their preferences regarding Tote bag design. The data obtained was analyzed using the Kansei Engineering method to come up with an optimal design. The final result of this research is a lurik fabric Tote bag product design that is in accordance with consumer preferences, which is expected to increase the attractiveness and sales of Lurik Senthir MSME products. This research shows that by understanding and applying consumer preferences in product design. Keywords: Kansei Engineering, Product Design, Lurik Fabric Tote Bag, Kansei Words }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/47113} }
Refworks Citation Data :
Abstrak Di Indonesia, Tote bag merupakan salah satu produk yang banyak digunakan dalam kehidupan seharihari karena fungsinya yang praktis dan desainnya yang variatif. UMKM Lurik Senthir, yangmemproduksi kain lurik tradisional, ingin mengembangkan variasi produk dengan membuat Tote bagdari kain lurik. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana merancang Tote bag yangsesuai dengan preferensi konsumen agar produk tersebut diminati di pasaran. Untuk mengatasimasalah ini, penelitian ini menggunakan pendekatan Kansei Engineering, sebuah metode yangmenghubungkan perasaan dan emosi konsumen dengan desain produk. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk merancang desain produk Tote bag kain lurik yang mampu memenuhi kebutuhan dankeinginan konsumen. Proses penelitian melibatkan pengumpulan data dari konsumen untuk memahamipreferensi mereka terkait desain tote bag. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Kansei Engineering untuk menghasilkan desain yang optimal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah desainproduk Tote bag kain lurik yang sesuai dengan preferensi konsumen, yang diharapkan dapatmeningkatkan daya tarik dan penjualan produk UMKM Lurik Senthir. Penelitian ini menunjukkanbahwa dengan memahami dan menerapkan preferensi konsumen dalam desain produk.
Kata Kunci: Kansei Engineering, Design Produk, Tote bag Kain Lurik, Kansei Words Abstract In Indonesia, tote bags are one of the products that are widely used in daily life due to their practicalfunction and varied designs. MSME Lurik Senthir, which produces traditional lurik fabrics, wanted todevelop product variations by making tote bags from lurik fabrics. However, the main challenge facedis how to design a Tote bag that suits consumer preferences so that the product is in demand in themarket. To address this issue, this research utilizes the Kansei Engineering approach, a method thatconnects consumers' feelings and emotions with product design. The purpose of this research is todesign a lurik fabric Tote bag product design that is able to meet the needs and desires of consumers.The research process involved collecting data from consumers to understand their preferencesregarding Tote bag design. The data obtained was analyzed using the Kansei Engineering method tocome up with an optimal design. The final result of this research is a lurik fabric Tote bag productdesign that is in accordance with consumer preferences, which is expected to increase the attractivenessand sales of Lurik Senthir MSME products. This research shows that by understanding and applyingconsumer preferences in product design.
Keywords: Kansei Engineering, Product Design, Lurik Fabric Tote Bag, Kansei Words
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com