skip to main content

EVALUASI DAN USULAN PERBAIKAN DESAIN USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK PADA DASHBOARD E-CATALOGUE WIKA (STUDI KASUS: PT WJAYA KARYA PERSERO)

*Nahdah Alvita Nur Wastuti  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Aries Susanty  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

PT Wijaya Karya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Engineering Procurement dan
Construction (EPC) dan Investasi terintegrasi di Asia Tenggara. WIKA telah mengembangkan manajemen katalog
sebagai peran dalam menciptakan siklus implementasi dari solusi E-Procurement dengan pengembangan e-Catalogue.
Pengembangan tersebut memerlukan perbaikan sehingga dilakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan dan dapat
dilakukan perbaikan. Pernelitian ini ditujukan untuk melihat permasalah pada e-Catalogue khususnya pada tampilan
dashboard dan diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan sehingga penggunaan e-Catalogue dapat optimal.
Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi heuristic dengan 10 pronsip. Evaluasi melibatkan 6 evaluator
dan dihasilkan permasalahan yang diukur dengan severity rating dengan nilai sebesar 2,77 kategor mayor. dari hasil
evaluasi tersebut dilakukan perbaikan berdasarkan instrumen yang ada dengan memberikan saran tampilan.

Kata kunci: Heuristic, severity rating, e-Catalogue, User experience

Abstract

Evaluasi dan Usulan Perbaikan Desain User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan
Metode Evaluasi Heuristik pada Dashboard E-Catalogue Wika (Pt Wjaya Karya Persero) PT Wijaya Karya is a
company engaged in the Engineering Procurement and Construction (EPC) and integrated investment in Southeast Asia.
In carrying out the EPC, WIKA needs to study and optimize business processes by implementing ERP in general as the
realization of integrated business processes. WIKA has developed catalog management as a role in creating the
implementation cycle of the E-Procurement solution with the development of e-Catalogue. The development requires
improvements so that an evaluation is carried out to find out the problems and improvements can be made. This research
is intended to look at the problems in the e-Catalogue, especially on the dashboard display and is expected to provide
recommendations for improvement so that the use of the e-Catalogue can be optimal. The evaluation was carried out
using a heristic evaluatin method with 10 principles. The evaluation involved 6 evaluators and the resulting problems
were measured by a severity rating with a value of 2.77 major categories. From the results of the evaluation,
improvements were made based on existing instruments by providing display suggestions.

Keywords: Heuristic, severity rating, e-Catalogue, User experience

Fulltext View|Download
Keywords: Heuristic, severity rating, e-Catalogue, User experience

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.