skip to main content

PERANCANGAN STRATEGI BERDASARKAN NIAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PLASTICWARE MENGGUNAKAN ANALISIS EKSPLORATORI DAN ANALISIS SWOT

*Giffari Fitri Maharani  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Arfan Bakhtiar  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

PT. KPL merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang industri plastik
yang menghadirkan produk-produk berbahan dasar plastik untuk kebutuhan sehari-hari atau
plasticware. Berdasarkan data yang diperoleh dari PT. KPL untuk wilayah pemasaran Kota
Semarang, diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah
ketidakpastian omset penjualan (uncertainty of sales) dikarenakan ketidakpastian permintaan
(demand uncertainty). Penelitian ini menggunakan analisis faktor eksploratori untuk mengetahui
bagaimana preferensi konsumen dalam melakukan pembelian terhadap produk plasticware dan
menggunakan analisis SWOT untuk perancangan strategi yang dapat membantu perusahaan
menghadapi permasalahan saat ini. Pada analisis faktor eksploratori, terdapat 7 faktor yang
terbentuk yaitu store, conformance, price, product design, convenience & awareness, product
quality, serta merchandising. Faktor-faktor tersebut digunakan sebagai dasar penyusunan strategi
menggunakan analisis SWOT. Dari analisis SWOT diperoleh 3 strategi strength-opportunity (SO),
2 strategi strength-threats (ST), 4 strategi weakness-opportunities (WO), dan 2 strategi weaknessthreats
(WT).

 


Kata
Kunci:
analisis
faktor
eksploratori;
analisis
SWOT;
niat
beli;
plasticware

Abstract

PT. KPL is one of the companies in Indonesia engaged in the plastic industry, providing plasticbased

products for daily needs or plasticware. Based on data obtained from PT. KPL for the
Semarang City marketing area, it is known that the problem currently faced by the company is the
uncertainty of sales turnover due to demand uncertainty. This research uses exploratory factor
analysis to understand consumer preferences in purchasing plasticware products and SWOT
analysis to design strategies that can help the company address current issues. In the exploratory
factor analysis, 7 factors were identified: store, conformance, price, product design, convenience
& awareness, product quality, and merchandising. These factors serve as the basis for strategy
formulation using SWOT analysis. From the SWOT analysis, 3 strength-opportunity (SO)
strategies, 2 strength-threats (ST) strategies, 4 weakness-opportunities (WO) strategies, and 2
weakness-threats (WT) strategies were obtained.

Keywords: exploratory factor analysis; SWOT analysis; plasticware; purchase intention

Fulltext View|Download
Keywords: exploratory factor analysis; SWOT analysis; plasticware; purchase intention

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.